ADV Inovasi

SMP Negeri 1 Kota Magelang Kreasikan Gobag Sodor Menjadi Tari Aling-Aling

MAGELANG – SMP Negeri 1 Kota Magelang berhasil dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2020 lalu. Kegiatan untuk para siswa tersebut digelar secara online mengingat saat itu dalam masa pandemi Covid-19.

Kegiatan dimulai tanggal 12 Agustus 2020 di mana peserta mendaftar secara online, proses registrasi dan mengunggah video kreasi seni yang diikutsertakan lomba. Pada tanggal 22 Agustus 2020, kreasi SMP Negeri 1 berhasil meraih Juara I tingkat Kota Magelang dan berhak maju ke seleksi tingkat Provinsi Jawa Tengah. Namun pada seleksi tanggal 1-7 September 2020 itu hanya masuk 10 besar.

“Adapun kreasi seni yang ditampilkan siswa-siswi kami adalah Tari Aling-Aling,” ungkap Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang, Nurwiyono, S.N., M.Pd.

Dijelaskan Nurwiyono, Aling-Aling adalah kata atau istilah bahasa Jawa, artinya melindungi. Tarian ini terinsprirasi dari permainan Gobag Sodor. Yaitu bentuk permainan untuk mempertahankan diri dengan cara menghalangi lawan yang berusaha lari menerobos garis pertahanan.

“Permainan ini tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga mengandung pesan moral, sehingga dikreasikan menjadi sebuah tarian, yaitu Tari Aling-Aling,” jelas Nurwiyono.

Selanjutnya, Nurwiyono menerangkan Tari Aling-Aling memiliki gerakan-gerakan dalam permainan Gobag Sodor mengandung nilai-nilai karakter sebagai pesan pada tarian ini. Di antaranya melatih anak mengambil keputusan dengan cepat, mengatur strategi dengan tepat. Kemudian mengajak anak untuk ikut aktif berkoordinasi dengan teman dalam mencapai kemenangan.

“Seperti pada Gobag Sodor, Tari Aling-Aling juga mengajarkan bentuk kerjasama yang kuat, yang harus dibangun bersama dalam mempertahankan milik bersama. Kemudian yang terpenting dalam kreasi tari ini adalah melatih dan mendidik anak-anak untuk mencintai budaya bangsa sendiri,” terang Nurwiyono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?