LAGU. Ririn, Saat menyanyikan lagu berjudul Pisang ciptaanya. (foto: vivin siedoo)
Advertorial Daerah

Fasilitasi Siswa Belajar, TK IT Al-Hikmah Secang Ciptakan Lagu

MAGELANG - Libur telah usai, pembelajaran semester 2 kembali dilaksanakan. Namun, masih dalam keadaan pandemi covid-19. Setahun berlalu, pandemi masih mengharuskan masyarakat agar tetap kreatif. Terutama, di dunia pendidikan.

Salah satunya di TK Islam Terpadu (IT) Al-Hikmah Secang, Magelang. Di pekan awal masuk sekolah, siswa sudah mulai aktif belajar. Siswa belajar tentang pisang.

Dalam metode belajar, sekolah menggunakan media video yang diunggah di channel Youtube TK Al-Hikmah Secang. Menariknya, lagu tersebut diciptakan oleh guru TK setempat, Ririn.

"Video ini digunakan untuk kegiatan pembelajaran daring (belajar dari rumah). Ini mengingat ibu guru tidak bisa mengajarkan bernyanyi secara langsung, seperti kegiatan pembelajaran tatap muka yang diselenggarakan di sekolah," ujar Ririn, Rabu (13/1/2021)

Dijelaskan diciptakan lagu tentang pisang untuk mengenalkan kepada anak terkait tanaman ciptaan Allah. Siswa lebih mudah mengikuti pembelajaran bernyanyi karena video bisa diputar berulang-ulang.

"Siswa TK lebih ceria dan semangat kalau belajar sambil bernyanyi. Kalau di rumah kadang siswa ada yang kurang semangat karena bernyanyinya sendiri. Jadi dibuat video agar anggota keluarga juga bisa ikut bernyanyi. Kalau sudah begitu siswa jadi semangat lagi," tambahnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?