ADV Kegiatan

PG PAUD UNIMMA Implementasikan Pembelajaran Berbasis Loose Part

MAGELANG - Lima mahasiswa didampingi dosen dari PG PAUD UNIMMA mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT). Tim PPMT ini mengadakan kegiatan di Dusun Glagah RT 04 RW 03 Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tim PPMT PG PAUD ini diketuai Khusnul Laely S.Pd, M.Pd. Tim beranggotakan Abdurrahman Saleh Hadi, Fauzan Rukmana, Siti Irchamiyah, Lusi Handalani, dan Wahyu Nofiyanti. Pada kesempatan Tim PPMT ini mengusung tema Implementasi Pembelajaran Berbasis Loose Parts di TK Bina Siswa Dusun Glagah Desa Banjarnegoro setempat.

Tim PPMT ini memulai kegiatannya pada awal Oktober 2020 yang meliputi penyuluhan pembelajaran berbasis Loose Part, penyuluhan parenting. Selain itu juga penyuluhan pembukuan sederhana pada UMKM di Dusun Glagah, penyuluhan tentang strategi marketing. Serta pelatihan tari tradisional Dolalak yang berasal dari Purworejo.

Loose Part merupakan bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara.

"Loose part menciptakan kreasi tanpa batas dalam pembelajaran. Dengan metode pembelajaran ini akan merangsang kreativitas anak." jelas Khusnul Laely, Sabtu (21/11/2020).

Kegiatan PPMT ini juga diimplementasikan dengan pembuatan media pembelajaran berbasis Loose Part. Di mana bahan-bahannya memanfaatkan benda-benda di sekitar yang tidak digunakan. Seperti biji-bijian, papan triplek, batang pohon, dan benda lainnya yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran ini.

Media pembelajaran ini menjadi kegiatan daur ulang benda-benda sekitar rumah. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi warga masyarakat dan kelompok belajar anak di dusun Glagah.

“Selain itu juga bisa sebagai inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dan tempat pendidikan anak-anak dari dusun lainnya,” jelas Khusnul Laely. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?