Kegiatan Teknologi

Kembali Berlaga, Tim ITS Sukses Juarai KKCTBN 2020

SURABAYA - Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berlaga dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN)2020 dan meraih juara, Sabtu (7/11/2020). Yakni juara pertama pada kategori Performa Prototype Kapal Autonomous Surface Vehicle (ASV). Sekaligus memijakkan pasak prestasi dalam tahap final kategori Performa Prototype Fuel Engine Remote Control (FERC).

Pada final kontes bergengsi nasional yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mulai 5 November lalu, tim Barunastra mengirimkan dua tim sesuai fokusan tiap kategori lomba. Yakni tim ASV yang mengusung Kapal Nala Final Evo dan tim FERC dengan Kapal Nala Sadewa garapannya.

Sebelum bertandang ke Malang, tim Barunastra ITS pun telah memaksimalkan diri dalam pembuatan kapal. Proses persiapan untuk kedua kapal tersebut berlangsung selama setidaknya 10 minggu.

“Kami rangkai kapal sesuai desain. Setelah desain, diadakan simulasi dan dilihat performanya di komputer, lalu kami rakit propulsi kapalnya,” papar Ketua tim prototype ASV, Muchmirul Yusa, Ahad (8/11/2020).

Persiapan tak berhenti di situ, tim Barunastra juga tidak melewatkan sesi trial bebas, di mana kapal diinspeksi bagaimana performanya ketika dijalankan. Kemudian dilakukan pengoptimalan kinerja kapal.

“Dalam sesi ini, kedua kapal terlihat bekerja dengan baik,” lanjut Muchmirul.

Tim Barunastra saat persiapan menuju final KKCTBN 2020. (foto: Humas ITS)

External Relation & Sponsorship tim Barunastra ITS, Fauzan Ichsanul Rahman mengatakan pada hari ketiga perlombaan, dalam kategori ASV, tim diberi tantangan. Yaitu menjalankan kapal secara otomatis dan menyelesaikan misi melewati lintasan yang sudah ditentukan.

“Dalam waktu 15 menit untuk melakukan run, Kapal Nala Final Evo tercatat dapat menyelesaikan run tercepat dalam 9,23 detik,” ungkap Fauzan.

Sedangkan untuk kategori lomba FERC, Kapal Nala Sadewa garapan tim Barunastra dituntut untuk beradu kecepatan dalam lintasan yang sudah ditentukan. Kategori FERC adalah lomba kapal cepat dengan daya utama dari engine kapasitas maksimum 32 cc.

"Nala Sadewa sendiri tercatat dapat menyelesaikan run tercepat dalam waktu 28 detik,” terang Fauzan.

Sebagai peserta tahunan KKCTBN yang juga turut berpartisipasi dalam kompetisi tahun lalu. Tahun ini adalah kali pertama tim Barunastra berlaga dalam kategori FERC dan berhasil masuk ke peringkat lima besar. Untuk performanya sendiri, tim Barunastra melihat adanya peningkatan signifikan dalam kapal autonomous kategori ASV yang mereka susun.

“Dari lintasan yang dilombakan kurang lebih sama dengan tahun kemarin, kami berhasil memperoleh catatan waktu 9,23 detik dari tahun sebelumnya yang masih 14 detik,” imbuhnya.

Mahasiswa Departemen Teknik Mesin tersebut mengatakan, memperoleh gelar juara dan prestasi yang luar biasa tak membuat tim Barunastra merasa cepat puas. Mereka akan terus berdedikasi untuk meningkatkan performa kapal-kapal garapannya pada kompetisi selanjutnya.

“Kami bertekad untuk mempertahankan gelar ini dan terus memperbaiki kualitas tim,” tutup mahasiswa asal Sukoharjo tersebut mengakhiri.

Tak hanya tim Barunastra, tim ITS yang lain juga berhasil memperoleh penghargaan di KKCTBN 2020 ini. Tim tersebut adalah tim Hydromodelling ITS yang berhasil raih Juara 3 dalam kategori lomba Electric Remote Control. Juga  tim Nawasena ITS yang berhasil raih Juara 1 dalam lomba poster KKCTBN. Serta juara dua dalam kategori lomba desain inovasi kapal ambulans dan lomba redesign ruang akomodasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?