Webinar SD Mutual 2
Advertorial Kegiatan

Bukan yang Selalu Ranking Satu, Tapi Ini Kriteria Anak Hebat Menurut Psikolog

KOTA MAGELANG - Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi anak hebat. Namun yang disebut anak hebat yang seperti apa?

Dyah Puspitosari, S.Psi., M.Psi., Psikolog Direktur dari Biro Fokus Psikologi Center Yogyakarta menjelaskan anak hebat bukanlah anak yang selalu mendapat juara kelas. Atau yang selalu tinggi nilai akademisnya.

"Anak hebat yaitu anak yang cerdas emosi, cerdas sosial, cerdas intelektual, serta sehat fisik,” katanya.

Hal itu diterangkan Dyah dalam Webinar yang dilakukan secara live di channel YouTube SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang, Sabtu (3/10/2020) lalu. Webinar yang mengusung tema "Anak Hebat, Orang tua Terlibat" itu diikuti oleh banyak wali murid serta tenaga kependidikan dari berbagai daerah. Mulai dari Magelang hingga Medan serta guru-guru di Aceh.

Dalam paparannya, Dyah membagikan kiat-kiat yang bisa diterapkan oleh orang tua. Seperti bagaimana menjadi orang tua yang baik, serta tips sukses mendampingi belajar anak di masa pandemi ini.

Lantas apa peran yang bisa dilakukan oleh orang tua? Dijelaskan Dyah, untuk mengarahkan anak menjadi hebat orang tua harus mampu menjadi orang tua yang baik. Orang tua yang baik, kata Dyah, adalah orang tua yang mampu mengelola emosi dengan menciptakan iklim positif di rumah.

"Selalu berkata positif, menciptakan waktu berkualitas, serta menjadi pendengar yang baik," kata Dyah.

Sementara itu, terkait sekolah daring dalam kondisi seperti sekarang ini, Dyah membagikan tips mendampingi belajar anak saat pandemi. Ia menyebutkan, orang tua harus bisa membuat rutinitas yang terstruktur.

"Adakan ruang khusus untuk belajar, selalu berpakaian rapi, mengetahui gaya belajar anak. Serta harus proaktif dengan guru menjadi kunci sukses belajar dari rumah," tandasnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang, Mustaqim, M.Pd menambahkan diselenggarakannya webinar parenting. Dikatakan webinar ini menjadi langkah untuk meningkatkan peran orang tua dalam tumbuh kembang anak.

Orang tua memiliki peranan sangat besar dalam membentuk karakter dan kesuksesan anak di masa mendatang.

"Banyaknya yang ikut serta dalam webinar ini menambah semangat SD Mutual 2 untuk memberikan pendidikan terbaik," kata Mustaqim. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?