Advertorial Kegiatan

SMK Muhammadiyah Kota Magelang Juarai Festival Nasional Video Edukasi

KOTA MAGELANG – Setelah melalui proses panjang sejak pendaftaran Agustus 2020 lalu, akhirnya video karya Tim SMK Muhammadiyah Kota Magelang berhasil meraih prestasi terbaik. Video berjudul “Karakter Pemuda Muslim Sejati” merupakan video edukasi dengan kemasan kekinian.

Video berdurasi 4 menit itu berhasil lolos tahap penjurian ajang Islamic Festival MIPA 2020 yang digelar oleh Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Ajang ini diikuti oleh peserta siswa SMK dan mahasiswa D3 dan S1 seluruh Indonesia.

Tim SMK Muhammadiyah merasa gembira saat tanggal 1 Oktober 2020 diumumkan meraih Juara I. Hal itu merupakan sebuah prestasi hebat di tengah terpaan Pandemi Covid-19.

“Semua ide dari konten video ini merupakan murni dari siswa kami. Mereka menyampaikan pesan kebaikan untuk generasi muda dan para dewasa melalui kemasan video islami,” kata Teguh Sugiharto, guru pembimbing tim, Jumat (2/10/2020).

Selain sebagai guru pembimbing, Teguh juga terlibat dalam video pendek bersama siswa Kelas XII Multimedia, yaitu Rasyid Ridho, Harith Baiduzzaman, dan Berlin Arum Setiyani.

Meskipun video tersebut hanya berdurasi 4 menit namun sarat edukasi islami yang disampaikan. Di mana menceritakan seorang pemuda muslim berkarakter islami, beraqidah lurus, taat beribadah, tidak percaya tahayul, tidak merokok, dan makan makanan halal.

“Ini yang kami edukasikan ke masyarakat, karena saat ini utamanya generasi muda sedang dilanda krisis aqidah dan karakter,” terang Teguh.

Menurut Teguh, kriteria dalam penjurian meliputi naratif, sinematik, komunikatif, dan manfaat.

Alhamdulillah, video tim kami memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut dan lolos,” tambah Teguh.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Atiningsing, S.Pd menyatakan bangga dengan prestasi yang diraih siswa-siswinya. Dia menilai siswa-siswinya telah Mmenyerap dan mempraktikkan keterampilan yang dipelajari selama ini di sekolahnya.

“Semoga semua lulusan sekolah kami, termasuk tim multimedia ini ke depan mampu bekerja atau berkarya secara mandiri, sesuai bidang keahlian mereka masing-masing,” harap Atiningsing, S.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?