Advertorial Kegiatan

Dukung Kemampuan Berpikir Kognitif Melalui Senam Kebugaran

KOTA MAGELANG – Olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih pada masa pandemi ini.  Di mana selain dianjurkan meningkatkan imun tubuh dengan makanan sehat dan vitamin, olahraga sangat baik sebagai upaya mencegah tubuh dari paparan virus Corona. Salah satunya adalah senam kebugaran yang dapat dilakukan oleh siapapun, baik tua maupun muda, baik yang sibuk maupun yang jarang beraktivitas di rumah.

Senam kebugaran memiliki banyak manfaat, antara lain membangun sistem koordinasi tubuh yang lebih baik, meningkatkan fleksiblitas, memperbaiki kemampuan motorik kasar, menyehatkan tulang.

“Senam kebugaran juga mendukung kemampuan berpikir kognitif,” kata Kepala TK Pertiwi Kota Magelang, Suparni, S.Pd, Jumat (25/9/2020).

Menurut Suparni, para guru dan karyawan di TK Pertiwi Kota Magelang dua minggu sekali malakukan senam kebugaran bersama-sama di sekolah. Yaitu setiap Jumat kedua dan keempat setiap bulannya.

“Hal itu sebagai upaya kami untuk menyegarkan badan agar pikiran segar kembali. Terlebih dengan rutinitas membuat tugas dan menilai peserta didik setiap hari. Tentu membutuhkan pikiran yang fresh,” kata Suparni.

Dikatakan Suparni, para guru dan karyawan tentu sudah berolahraga di rumah masing-masing dengan jadwal mereka. Namun dua minggu sekali bersama-sama dilakukan di sekolah.

“Ya sebagai kegiatan rutin dan mempererat kebersamaan. Meskipun di masa pandemi, kita tidak boleh membatasi rutinitas olahraga. Yang penting tetap menaati protokol kesehatan yang dianjurkan,” lanjutnya.

Para guru pun bis menularkan senam kebugaran kepada peserta didik lewat video tutorial. Dengan gerakan-gerakan sederhana anak akan mudah menirukan, dan melakukan di rumah masing-masing.

“Sehingga aak akan lebih senang melakukan senam kebugaran seperti yang dilakukan gurunya. Anak akan lebih mudah menirukan aktivitas gurunya dibanding orang lain, terutama dalam gerakan-gerakan olahraga,” ujar Suparni.

Suparni mengatakan senam kebugaran di sekolah dilakukan tiap jumat kedua dan keempat, karena pada Jumat pertama dan ketiga dijadwalkan untuk kegiatan Mujahadah bersama. Rutinitas terjawal tersebut dilakukan dengan gembira oleh para guru dan karyawan TK Pertiwi Kota Magelang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?