Advertorial Kegiatan

Rekonstruksi Pendidikan Muhammadiyah, AUM Diajak Kembangkan Mutu

MAGELANG – Muhammadiyah perlu melakukan rekonstruksi di bidang pendidikan, hal itu dimulai dari pengembangan mutu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Semua AUM harus siap menghadapi tantangan pendidikan abad 21, abad yang penuh dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Untuk itu dilaksanakan berbagai kegiatan pengembangan mutu seperti mengadakan peningkatan kompetensi dalam pembuatan administrasi pendidikan di lembaga pendidikan masing-masing. Dengan administrasi yang terstruktur, lengkap, dan terprogram akan menjadi panduan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Menindaklanjuti hal tersebut, bertempat di SD Inovatif Muhammadiyah Mertoyudan (SD Inova) Kabupaten Magelang dilaksanakan “Workshop Pengembangan Mutu AUM”, pada Rabu-Kamis (2-3/9/2020). Peserta kegiatan terdiri dari 10 sekolah Muhammadiyah, yaitu 5 SD dan 5 MI di Kabupaten Magelang.

“Masing-masing sekolah mengikutsertakan 1 kepala sekolah dan 3 guru,” kata Wakil Kepala SD Inova, Rizki Pramudianti, M.Pd.

Peserta “Workshop Pengembangan Mutu AUM”, antusias mengikuti paparan materi dari narasumber. (foto: Narwan Siedoo)

Rizki menjelaskan tujuan workshop menjadikan AUM maju dalam melengkapi administrasi pendidikan. Selain itu AUM mampu berpikir maju sehingga ke depan lebih siap menghadapi kemajuan zaman.

“Kami sangat mengapresiasi karena peserta berkeinginan untuk maju dalam hal pendidikan, sehingga mereka antusias mengikuti workshop tersebut,” ujarnya.

Dari workshop itu para peserta menjadi lebih paham tentang semua kelangkapan administrasi guru dan sekolah. Mereka selama dua hari juga dilatih untuk menghasilkan produk berupa buku panduan, modul pembelajaran, dan keorganisasian sekolah.

Workshop yang digelar oleh Divisi “Inova Research and Development Center” ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Seperti Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Drs. H. Jumari, dan Kepala Biro Kerjasama UNIMMA, Dr. Imron, M.A.

Selain itu juga Dekan Fakultas Teknik UNIMMA, Yun Arifatul Fatimah, S.T., M.T., Ph.D, juga Rasidi, M.Pd Dosen PGSD UNIMMA, serta Ahwi Oktradiksa, M.Pd.I, Dosen PGMI FAI UNIMMA.

“Semoga dengan workshop ini kita benar-benar mampu merekonstruksi pendidikan Muhammadiyah menuju AUM berkemajuan, aamiin,” pungkas Rizki Pramudianti, M.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?