Advertorial Inovasi

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Miliki Laboratorium Lengkap

MAGELANG – Pada kegiatan Webinar “Ruang Praktik Virtual Pada Era digitalisasi 4.0” Agustus 2020 lalu, dilakukan pula penilaian foto ruang praktik masing-masing sekolah peserta webinar. Diumumkan untuk foto ruang praktik di SMK Muhammadiyan 2 Muntilan Magelang mendapat penilaian sebagai “Foto Terbaik”.

Demikian diungkapkan Guru TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Novi Setiaji Panuntun, S. Kom. Menurut dia, SMK Muhammadiyah 2 Muntilan selalu berbenah terutama dalam pelayanan terhadap siswa berupa praktikum kompetensi sesuai jurusannya.

“Mengingat oleh Mendikbud SMK sudah ‘dikawinkan’ dengan dunia industri, maka perlengkapan praktik pun harus disesuaikan dengan industri,” katanya, Rabu (2/9/2020).

Menurut Novi, hal itu sebagai wujud tanggung jawab sekolah dan guru, agar siswa memiliki kompetensi sesuai dengan industri. Ketika mereka lulus nantinya benar-benar berkompeten di bidangnya.

“Sehingga di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan pembelajarannya 70 persen adalah praktik,” ungkapnya.

Diketahui di sekolah entrepreneur ini, semua jurusan memiliki laboratorium praktik sendiri-sendiri. Untuk laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan ada 2 laboratorium, yaitu Intel Education dan Fiber Optic dari Telkom Indonesia.

“Sedangkan untuk jurusan Perbankan Syariah memiliki Laboratorium Bank Mini yang mengedukasi siswa bertransaksi melalui bank dan melayani nasabah di bank,” terang Novi.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi, S.Pd.I menambahkan bahwa pihaknya juga memiliki link ke berbagai industri. Sehingga bisa menjadi tempat penyaluran tenaga kerja, tempat belajar, tempat magang guru, dan sebagainya.

“Sehingga apa pun jurusannya, kita sudah memiliki link and match dengan berbagai industri. Sehingga akan lebih tahu dan memahami perkembangan dunia industri serta kompetensi seperti apa yang dibutuhkan industri tersebut, sesuai jurusan di sekolah kami,” tambah Untung Supriyadi, S.Pd.I. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?