Advertorial Kegiatan

SMP Negeri 1 Kota Magelang Ajak Siswa Maknai Hari Pramuka Dengan Cara Berbeda

KOTA MAGELANG - Peringatan Hari Pramuka biasanya dilaksanakan dengan apel atau upacara yang diaksanakan seluruh warga sekolah, namun kali ini cukup berbeda. SMP Negeri 1 Kota Magelang tetap melaksanakan upacara namun hanya diikuti oleh guru dan karyawan dimulai pukul 07.00 WIB, Jumat (14/8/2020). Upacara tersebut divideokan dan di-share kepada siswa supaya tetap turut memaknai Hari Pramuka walaupun di rumah saja.

Sebelumnya, telah terlaksana Live Streaming dari Kwarcab Kota Magelang untuk Renungan dan Ulang Janji pada pukul 20.00 WIB. Tema Peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun ini adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Magelang, Nurwiyono, S.N, M.Pd, mengatakan tema tersebut merupakan perwujudan semangat para Pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19. Hal tersebut yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia.

“Siswa di rumah tetap melaksanakan disiplin diri dan semangat kepramukaan. Anak-anak harus menerapkan karakter nasionalisme di manapun dan kapanpun,” katanya.

Pihak sekolah juga mengajak siswa untuk memaknai Hari Pramuka dengan cara yang  berbeda, yakni dengan penugasan. Tugas yang diberikan adalah pembuatan ide atau gagasan terkait dengan apa yang bisa diperbuat di rumah, sekolah, maupun masyarakat.

Visi misi ke depan lewat Pramuka, menerapkan nasionalisme, gotong royong, disiplin dan lainnya yang mengacu pada Dasa Dharma dan Tri Satya. Ide atau gagasan tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan dan dikumpulkan melalui Google Form.

Lebih lanjut, Nurwiyono menjelaskan, Pramuka Indonesia selalu dapat mencetak generasi yang tangguh menghadapi setiap tantangan. Disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi setiap rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama dan di era pandemi Covid-19 yang berat seperti ini. Jiwa dan karakter Pramuka kali ini ditempa dengan melakukan hal baik mulai dari yang terkecil di era pandemi. Mulai dari membantu penanganan Covid-19, hingga menerapkan protokol kesehatan di mana pun.

“Yang kita terapkan untuk anak-anak tersebut merupakan bukti eksistensi. Bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta,” pungkas Nurwiyono, S.N., M.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?