Advertorial Kegiatan

Seru, Rayakan Idul Adha SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan Gelar Wonderful Qurban

MAGELANG - Semarak Idul Adha tetap terasa antusias di SD Muhammadiyah Inovatif (SD Inova) Mertoyudan Magelang dengan mengadakan acara bertajuk “Wonderful Qurban”, tanggal 1-3 Agustus 2020. Walaupun masih belum bisa bertatap muka untuk dapat merayakannya, para siswa tetap dapat memaknai hari raya kurban di rumah saja.

Selain melaksanakan kegiatan utama yaitu penyembelihan hewan kurban, SD Inova juga mengadakan beberapa kegiatan menarik lain yang melibatkan siswa-siswinya.

“Kita mengajak anak-anak untuk menunaikan Puasa Arafah bersama-sama. kemudian sorenya dilanjutkan dengan kultum menjelang berbuka secara virtual. Alhamdulillah respon mereka antusias sekali,” jelas Samsul Huda, S.Pd.I, Kepala SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang syariat Islam dalam ibadah kurban. Menjabarkan secara ringan beberapa hal tentang arti kurban, sejarahnya dan pentingnya hal tersebut untuk diteladani.

Menurut Samsul Huda, sekolah juga ingin membiasakan sikap semangat yang bisa diteladani dari para nabi. Yaitu selalu menaati perintah Allah SWT kapan saja dan di mana saja dalam keadaan apa pun.

Selain dua kegiatan tersebut, sekolah juga mengadakan kegiatan lomba mendongeng dengan tema Nabi Ibrahim AS. Saat pengumuman hasil lomba, dimeriahkan dengan Dongeng Bersama Kak Damar yang diakses secara virtual melalui kanal Youtube: Innovative Elementary School.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan acara penyembelihan hewan kurban pada hari Jumat (3/8/2020). Setelahnya, daging hewan kurban dibagikan kepada masyarakat sekitar dengan sasaran yang diutamakan adalah masyarakat terdampak Covid-19.

“Selain pembagian daging kurban secara langsung, kami juga mentasyarufkan daging kurban dalam bentuk nasi box siap santap. Sehingga tidak lagi repot dan bisa langsung dinikmati,” kata Samsul.

Pihak sekolah berharap, dengan semarak kegiatan Idul Adha ini para siswa dapat mengambil spirit keteladanan para nabi, khususnya Nabi Ibrahim AS.

“Semoga daging yang kami bagikan ke masyarakat sekitar sekolah dapat bermanfaat bagi mereka. Aamiin,” pungkas Kepala SD Inova, Samsul Huda, S.Pd.I. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?