Advertorial Kegiatan

SMP Negeri 7 Kota Magelang Godog Prosedur Sekolah di Masa Transisi

KOTA MAGELANG - Jajaran guru di SMP Negeri 7 Kota Magelang tengah menggodog prosedur persiapan sekolah di masa transisi. Penggodogan prosedur ini sebagai tindak lanjut adanya SKB Empat Menteri terkait tahun ajaran baru. Selain itu, SMP Negeri 7 Kota Magelang juga membentuk tim khusus terkait persiapan sekolah di masa transisi ini sebagai tindak lanjut dari Tim Gugus Tugas Dinas Pendidikan Kota Magelang.

Tim khusus ini pun memiliki tiga mata tugas yakni tim pembelajaran, tim phsyco-social, dan tim tata ruang.

Kepala SMP Negeri 7 Kota Magelang, Drs. Parjopo mengatakan di masa transisi ini pun siswa harus berasal dari zona hijau dan itupun harus atas izin orang tuanya.

“Kalau orang tua tidak mengizinkan terus bagaimana? Ya tentu tetap kami layani pembelajaran jarak jauh (PJJ)," katanya, Rabu (29/7/2020).

Dijelaskan Parjopo, sebelum melakukan sekolah tatap muka, pihaknya akan mengirimkan surat pernyataan kepada orang tua. Tak hanya itu, pihak sekolah juga akan mengirimkan prosedur dilakukannya sekolah tatap muka selama masa transisi tersebut.

Setelah itu, orang tua akan mendapatkan surat pernyataan yang isinya terkait izin boleh atau tidaknya orang tua untuk anaknya mengikuti sekolah tatap muka. Selain asal siswa harus dari zona hijau, Parjopo menambahkan, alat transportasi siswa menuju ke sekolah pun menjadi pertimbangan dilakukan sekolah tatap muka.

Lebih jauh, Parjopo mengatakan, teknis sekolah tatap muka nantinya akan dilakukan pembatasan. Maksimal hanya 50 persen dari jumlah siswa setiap kelasnya.

Tak hanya itu, jam masuk pun juga akan dibedakan, jam 07.30 WIB untuk kelas VII, 08.00 WIB untuk kelas VIII dan 08.30 untuk kelas IX. Tujuan dibedakan jam masuk adalah agar tak terjadi kerumunan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan.

"Diatur juga maksimal hanya empat jam pelajaran, satu jam pelajaran 30 menit," jelas Parjopo.

Kendati telah membuat sejumlah prosedur, pelaksanaan sekolah tatap muka ini tetap harus menunggu lampu hijau dari pemerintah dan dinas terkait. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?