Advertorial Kegiatan

Terapkan Protokol Kesehatan dan Siapkan Skenario Pembelajaran Daring

MAGELANG – Saat ini semua sedang mempersiapkan diri memasuki era New Normal. Tidak ketinggalan SMP Negeri 12 Kota Magelang pun demikian. Sekolah ini telah menyiapkan berbagai program baru yang terkait juga dimulainya tahun ajaran 2020/2021.

Kepala SMP Negeri 12 Kota Magelang, Drs. Sukamto mengungkapkan kesiapan sekolah yang dipimpinnya. Dia mengaku semua dilakukan secara bersama-sama oleh warga sekolah.

“Dengan semangat dan kesadaran tinggi sebagai lembaga pendidikan, kami berupaya melakukan tugas kami melayani masyarakat utamanya di bidang pendidikan. Kami upayakan sebaik mungkin sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Terkait dengan antisipasi penyebaran Covid-19, Sukamto menuturkan, SMP Negeri 12 Kota Magelang mematuhi aturan berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang. Serta surat edaran dari Wali Kota Magelang.

Hal itu sudah diwujudkan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Seperti secara berkala dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah. Selain itu kepada siapa pun yang masuk lingkungan SMP Negeri 12 Kota Magelang dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun, wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun, memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak fisik.

“Kami juga saling mengingatkan kepada warga sekolah untuk mematuhi protokol kesehatan. Sementara untuk meningkatkan imun tubuh dilakukan dengan berjemur pagi dan berolahraga ringan bersama,” terang Sukamto.

Lebih lanjut Sukamto menuturkan, dalam memasuki New Normal pihaknya telah membentuk tim satuan tugas Covid-19 di sekolahnya. Hal ini sebagai tindakan preventif penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Fasilitas pendukungnya pun telah disiapkan, seperti sprayer disinfektan, cairan disinfektan, thermo gun, hand sanitizer, dan face shield. Juga disiapkan tempat cuci tangan beserta sabun cuci tangan di tempat-tempat strategis dan di depan semua kelas.

“Selain sebagai tindakan preventif, ini sekaligus mempersiapkan pembelajaran masa transisi dan era New Normal,” jelasnya.

Terkait pembelajaran di masa New Normal, Sukamto mengatakan SMP Negeri 12 Kota Magelang telah menyusun program baru. Program baru tersebut tidak hanya skenario pembelajaran daring, namun juga terkait berbagai informasi resmi dari sekolah untuk pendidik, tenaga kependidikan, orang tua siswa, peserta didik, dan keluarga besar SMP Negeri 12 Kota Magelang.

“Kami juga menyiapkan link khusus, smartphone, dan tenaga administrasi khusus dalam pelaksaksanaan program baru tersebut,” tuturnya.

Dengan penerapan protokol kesehatan, tambah Sukamto, pelayanan sekolah hingga saat dapat berjalan dengan lancar. Dia berharap seluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat selalu sadar dan mematuhi untuk melaksanakan pola hidup sesuai protokol kesehatan.

“Saya mengajak kepada semua pihak untuk memahami, menyadari, dan melaksanakan protokol kesehatan. Serta perilaku itu menjadi budaya dalam kehidupan untuk menuju kehidupan di era New Normal,” ajaknya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?