Advertorial Opini

OTKP di SMK Bukan Merupakan Jurusan ‘Terminal’

Siedoo, Berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentu memiliki berbagai jurusan yang dikembangkan di sekolah itu. Bahkan tidak jarang sebuah SMK memiliki berbagai jurusan sebagai pembelajaran kejuruan yang diandalkan di sekolah itu.

Seperti di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Di SMK ini mengembangkan 5 program kejuruan, yaitu Jurusan Bisnis Daring, Komputer dan Jaringan, Tata Busana, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dan Jurusan Otomasisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Bukan Jurusan ‘Terminal’

Perlu dipahami, Jurusan Otomasisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) bukanlah jurusan ‘terminal’. Artinya bukanlah menjadi jurusan akhir seorang siswa dalam belajar akademik. Namun seperti jurusan yang lain termasuk jurusan di SMA, lulusan OTKP dapat melanjutkan ke perguruan tinggi (PT), seperti universitas yang diingini.

Ketika lulusan OTKP kemudian mendapat pekerjaan di sebuah instansi atau lembaga, namun ingin pula melanjutkan studi atu kuliah di perguruan tinggi, itu bukan masalah. Karena tetap bisa melanjutkan kuliahnya, bahkan ada perguruan tinggi yang membuka program ekstensi, untuk karyawan kantor.

Keunggulan Jurusan OTKP

Dalam perkembangan teknologi yang semakin cepat ini, membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil. Sehingga bidang keahlian ini sangat diperlukan untuk menghadapi globalisasi dan perkembangan zaman. Dengan demikian dapat dikatakan, ke depan jurusan OTKP memiliki peluang yang besar.

Keunggulan Jurusan OTKP, siswa dapat memiliki keterampilan yang tidak dipelajari di jurusan lain. Antara mendapat pembelajaran sebagai bekal keterampilan, seperti:

  1. Kemampuan mengetik 10 jari buta, sehingga siswa akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Jurusan OTKP, karena sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.
  2. Kemampuan menguasai administrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar.
  3. Kemampuan menjadi sekretaris yang ideal, melakukan pengarsipan, dan menangani masalah keuangan.
  4. Keterampilan table manner, di mana pada jurusan ini siswa disiapkan menjadi seorang tenaga ahli yang siap bekerja di perusahaan besar.

Itulah beberapa hal tentang Jurusan OTKP yang terbukti memiliki beberapa keunggulan. Jadi OTKP bukan merupakan jurusan ‘terminal’ yang menjadi tujuan akhir seorang siswa menimba ilmu dan keterampilan. Sehingga jangan takut untuk memilih Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, terutama masuk di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Magelang Jawa Tengah. (*)

Munif Hanafi, S.S.
Kepala SMK Muhammadiyah 1
Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?