Daerah Kegiatan

Mahasiswa UMMagelang Latih Siswa SMP Keterampilan Dasar Komputer

MAGELANG - Di zaman yang sudah modern ini, teknologi sudah dimanfaatkan di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi memberi dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Perkembangan teknologi juga seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Perkembangan tersebut berdampak pada bertambahnya sarana dan prasarana pendidikan seperti media dan sumber belajar sebagai penunjang proses belajar mengajar. Salah satu media yang berkembang adalah komputer. Sehingga pemanfaatan teknologi komputer harus dikuasai terlebih dahulu.

Teknologi Informasi (Information Technology-IT) meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Di mana saat ini hampir semua pekerjaan di bidang pendidikan, perusahaan, hingga pemerintahan menggunakan IT dan dipadukan menjadi teknologi informasi dan komunikasi (infokom).

Pelatihan Dasar Office dan Desain

Agar mampu mengikuti arus teknologi, maka para generasi muda perlu dilatih menguasai teknologi komputer. Seperti dilakukan di SMP Muhammadiyah Pujotomo Mertoyudan Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Pelatihan dilakukan oleh kelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UMMagelang) Rifi Rizqina Ghozali, Anwar Sodik, Odie Wismar, Rizal Ardi Arfianto, diketuai Muhammad Farid Aflah dengan dosen pembimbing Endah Ratna Arumi, S.Kom., M.Cs. Peserta pelatihan adalah siswa-siswi Kelas VII SMP tersebut, baru-baru ini.

Menurut dosen Endah Ratna Arumi, tujuan pelatihan untuk memberikan pembelajaran lebih mendalam kepada siswa-siswi tentang teknologi informasi. Para peserta mengikuti dengan antusias dan pelatihan pun berjalan lancar.

Pelatihan meliputi pembelajaran menggunakan Microsoft Office dan pembelajaran desain menggunkan Corel Draw. Untuk pembelajaran Microsoft Office meliputi tiga hal yaitu, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point.

“Untuk desain menggunakan Corel Draw peserta dibimbing bagimana cara membuat poster dan  logo,” jelas Endah.

Sementara itu, Muhammad Farid Aflah mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa. Karena siswa dapat lebih mendalami pembelajaran tentang Microsoft Office dan Corel Draw. Sehingga bisa meningkatkan skill dalam bidang yang mereka sukai.

“Sebagai contoh, bagi siswa yang memiliki minat di bidang menulis siswa bisa lebih mendalami Microsoft Word supaya siswa bisa lebih memahami tool yang mereka butuhkan untuk membuat cerpen, laporan, atau kegiatan jurnal mereka,” katanya.

Senada dengan Farid, Guru Pembimbing Lapangan, Tri Wiyono Lestari menandaskan kegiatan pelatihan dasar MS Office ini sangat membantu dan bermanfaat bagi siswa. Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, juga memotivasi siswa dalam mencari informasi atau keterampilan yang belum diberikan di sekolah.

“Sedangkan bagi mahasiswa praktik, kegiatan ini bisa untuk menambah pengalaman tentang kerja di lapangan atau di masyarakat," tandas Tri Wiyono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?