Advertorial Daerah Kegiatan

Pencegahan Virus Corona Disosialisasikan ke Sekolah-sekolah

MAGELANG –Corona Virus Disease (Covid-19) atau lebih dikenal dengan sebutan virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa mengakibatkan kematian. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China ini mendapatkan perhatian khusus dari dunia internasional.

Bahkan organisasi kesehatan dunia, WHO, menghimbau seluruh dunia untuk mengutamakan perilaku hidup sehat dan pembiasaan mencuci tangan.

Di Indonesia, pencegahan penyebaran virus ini mulai disosialisaikan di sekolah-sekolah. Seperti dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah, akhir pekan kemarin.

Sosialisasi tindakan preventif tersebut dilaksanakan di Gedung Graha Wiyata SMK setempat. Sebagai narasumbernya dari Kepolisian Sektor (Polsek) Magelang Selatan dan Dokter Kesehatan (Dokkes) Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota.

Rombongan narasumber dipimpin Kapolsek Magelang Selatan Kompol M. Choirul Anwar, S.H didampingi dokter Trisnangningsih dari Dokkes Polres Magelang Kota. Keduanya memberikan penjelasan langsung materi tentang sosialisasi tindakan preventif terhadap Corona dengan cara cuci tangan yang benar.

Selain diikuti seluruh siswa kelas X, sosialisasi juga diikuti para guru. Peserta setelah menerima materi juga mempraktikkan urutan cuci tangan dengan benar. Hal ini dipraktikkan agar seluruh warga SMK Negeri 1 Kota Magelang terhindar dari penyebaran virus corona.

Dokter Trisnaningsih menjelaskan siapa pun harus selalu menjaga kebersihan, upayakan mencuci tangan dengan pakai sabun dengan cara yang benar. Senada dengan itu, Kompol Choirul Anwar mengimbau agar peserta sosialisasi dapat menyampaikan kepada masyarakat sekitarnya tentang perilaku hidup sehat.

“Sampaikan juga kepada masyarakat untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun secara benar. Agar masyarakat terhindar dari paparan virus corona dan penyakit lainnya,” himbaunya.

Kegiatan sosialisai itu disambut baik para siswa. Salah satunya Oksa Nurmalasari dari Kelas Bangunan D menilai sosialisasi tersebut sangat bagus dan bermanfaat.

“Acaranya sangatlah bagus, karena mensosialisasikan agar kita terhidar dari virus corona, melalui pembiasaan mencuci tangan dengan sabun secara benar. Hal itu dapat dilakukan di mana pun berada dan dapat disampaikan kepada orang lain,” ungkapnya. (Siedoo)

 

Penulis:

Wahyuda Firdaus Nurhidayah,

Jurusan Informatika C (Multimedia)

SMK Negeri 1 Kota Magelang

Apa Tanggapan Anda ?