Advertorial Daerah

Siswa Diajak Jadi Generasi Milenial Sadar Gizi

MAGELANG – Dengan mengusung tema “Gizi Optimal untuk Generasi Milenial”, pemerintah memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) 2020. Peringatan HGN ke-60 tahun 2020 tersebut sebagai bentuk upaya mengkampanyekan kesadaran gizi di tengah masyakarat.

Berbagai kegiatan dalam memperingatinya dilakukan mulai tingkat pusat hingga tingkat daerah. Seperti dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan beberapa kegiatan yang melibatkan siswa, belum lama ini.

Menurut koordinator kegiatan, Achmad Khoirul Fata, peringatan tersebut untuk mengajak siswa menjadi milenial sadar gizi dengan mengetahui pentingnya gizi bagi anak dalam masa pertumbuhannya.

“Sehingga para siswa memiliki kesadaran meningkatkan pengetahuan dan peran aktif sebagai generasi milenial tentang kesehatan dan gizi,” katanya.

Sementara menurut ketua panitia, Pingki Jihan, kegiatan yang diikuti 160 siswa kelas X tersebut menghadirkan narasumber dari Puskesmas Borobudur dan Persatuan Ahli Gizi Kabupaten Magelang.

Menurut Pingki, ada tiga kegiatan peringatan HGN 2020 di sekolahnya. Yaitu, sosialisasi tentang kesehatan dan gizi, konsultasi kesehatan untuk guru dan siswa, serta lomba food decorating.

“Lomba food decorating ini berupa kegiatan menghias menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Sebagai juri lomba kami mintakan dari anggota Persatuan Ahli Gizi Kabupaten Magelang,” terang Pingki.

Dalam sosialisasi kesehatan dan gizi terungkap, Indonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa. Remaja dapat mencapai produktivitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila mereka sehat. Remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial.

“Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa,” ungkap dr. Budi dari Puskesmas Borobudur Magelang.

Secara keseluruhan, acara berjalan dengan lancar dan para siswa mengikuti dengan antusias. rangkaian kegiatan diakhiri dengan penilaian lomba food decorating dari para siswa. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?