Advertorial Daerah

RA Muslimat NU Bulurejo Magelang Kembangkan Pembelajaran Ourdoor Activity

MAGELANG – RA Muslimat NU Bulurejo Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengembangkan pembelajaran tema lingkungan melalui outdoor activity. Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda sekolah yang dilaksanakan setiap semester satu kali.

“Untuk kali ini (19/12/2019) kegiatannya di Kolam Renang Timun Mas dan Balkondes Wanurejo Junkyard untuk kegiatan outbond. Sekalian kita refreshing untuk anak dan orang tua, jadi anak dapat, orang tua juga dapat,”  kata Kepala TK RA Muslimat NU Bulurejo, Sri Hartini, S.Pd.

Sebanyak 42 anak beserta orang tua mengikuti kegiatan tersebut, didampingi tiga guru. Kegiatan tersebut untuk lebih mengenalkan lingkungan kepada anak, tidak hanya teoritis di dalam kelas saja.

“Pendidikan tidak hanya di sekolah saja, namun di luar juga perlu dikembangkan kemampuan anak untuk lebih mengenal lingkungan,” tuturnya.

Ditambahkannya, di luar lebih banyak untuk bisa bersosialisasi, mengenal cara bergaul dengan temannya saat di luar.

“Di sekolah dan di luar itu berbeda, bedanya kalau di sekolah, cenderung lebih banyak menggunakan peralatan permainan yang disediakan sekolah. Namun ketika kita mengadakan kegiatan semacam ini, anak bisa mengenal dan bersosialisasi dengan teman yang lain,” jelasnya.

Sebelumnya, saat di sekolah guru mengajarkan anak tentang lingkungan dengan bekerja bakti, membersihkan lingkungan, mengenalkan jenis tanaman, buah – buahan dan sayuran.

Outbondnya kita melibatkan orang tua, jadi selain mengajak anak untuk bersenang – senang di luar, juga bermain sambil belajar tentang lingkungan, kita juga mengajak refreshing  orang tua,” terangnya.

Hal tersebut bertujuan agar orang tua juga merasakan kesenangan yang dirasakan oleh anak. Selain itu, bisa sebagai ajang merekatkan hubungan tali silaturahmi antara orang tua, anak dan guru.

Pihak sekolah mempunyai program unggulan hafalan surat – surat pendek, mengenalkan hadist, doa – doa harian, asmaul husna dan setiap Jumat diadakan sholat Dhuha.

“Kalau visi misinya yaitu membentuk generasi penerus bangsa yang masih dasar, mempunyai akhlak mulia, bertakwa, beriman, terampil, ceria dan cerdas,” imbuhnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?