Tokoh

Anton Harumkan Nama Indonesia pada Kejuaraan Badminton di Singapura

Siedoo, Siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Dia adalah Anton Wijaya, siswa MAN 2 Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Anton berhasil menjadi Juara I Tingkat Internasional ACC Group Badminton (Invitational) Turnament 2019 di Singapura. Atas prestasinya, Anton Wijaya mendapat piagam, medali emas, uang tunai, tas, dan raket.

Anton mengaku kali pertama mendapat informasi tentang perlomba tersebut dari guru olahraga MAN 2 Kota Probolinggo sekaligus pelatihnya, Anang Susanto.

“Saya mendapat informasi lomba tersebut dari Bapak Anang Susanto, guru olahraga saya,” ujar Anton.

ACC Group Badminton (Invitational) Turnament 2019 digelar dalam rangka 13th Chinese Swimming Club pada 15-19 Desember 2019 di Singapura. Kompetisi ini diikuti oleh sejumlah peserta dari negara-negara Asia, antara lain: Thailand, Malaysia, Singapura, dan lain sebagainya.

“Dalam mempersiapkan lomba ini, saya melakukan latihan secara rutin setelah pulang sekolah, menjaga pola makan, dan istirahat yang cukup,” imbuhnya.

Anton Wijaya tercatat sebagai siswa IPS dengan Program SKS. Program SKS MAN 2 Kota Probolinggo terdiri dari kelas atlet, tahfidz, olimpiade, dan reguler. Kelas atlet membidangi sejumlah olahraga, seperti catur, badminton, volly, dan lainnya. Di kelas ini, bakat dan minat siswa dapat tersalurkan.

Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Mohammad Alfan Makmur mengapresiasi prestasi siswanya. Dia berharap prestasi tersebut dapat menginspirasi siswa lainnya.

Menurut Alfan, Anton Wijaya awalnya akan didaftarkan dalam Porseni Siswa Madrasah. Namun, Ananda Anton batal ikut serta karena persyaratannya tidak memperbolehkan siswa kelas X semester 1 untuk berkompetisi.

“Oleh karena itu, Anton dipersiapkan untuk mengikuti lomba internasional dan alhamdulillah mendapatkan juara I,”  tandasnya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?