Advertorial Daerah

Field Trip ke Masjid Agung, Ajarkan Adab di Masjid Sejak Dini

MAGELANG - Taman Kanak-Kanak (TK) Asy Syaffa 2 Kota Magelang, Jawa Tengah mengadakan Field Trip. Kagiatan tersebut mengambil tema "Tempat Ibadah" digelar di Masjid Agung Magelang, Kamis (5/12/2019).

"Field Trip atau Kunjungan Belajar, biasanya dilaksanakan satu semester itu dua kali. Kami melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan tema, karena kemarin temanya Tempat Ibadah, lalu kita kunjungannya ke Masjid Agung," ujar Bidang Kurikulum TK Asy Syaffa 2, Ary Sukmawati di sela acara.

Kesempatan itu diikuti 80 siswa TK Besar dan sejumlah guru untuk mendampingi. Mereka tidak hanya dikenalkan dengan masjid, tetapi juga ada muatan pembentukan karakter pada diri anak.

"Di sana, anak-anak kami kenalkan dengan yang ada di dalam masjid, seperti tempat wudhu, tempat sholat, kotak infak, beduk, dan manfaatnya. Selain itu, tujuan kami juga untuk mengenal adab di dalam masjid," imbuhnya.

Ary Sukmawati juga berpesan kepada seluruh orang tua mengenalkan dan membiasakan anak sejak dini untuk pergi ke masjid.

"Diperlukan pembiasaan dari orang tua, jadi anak-anak kalau dibiasakan mencintai masjid sejak dini, dia akan tumbuh menjadi anak yang tawadhu'. Nah, dari situ kita bisa belajar menghargai orang lain juga. Di sana bukan hanya milik kita, tetapi masjid adalah fasilitas umum yang bisa digunakan banyak orang untuk ibadah," pesannya.

Selaku Bidang Kesiswaan, Nila Indriyati mendukung program ini. Ia mengaku bahwa metode Field Trip sangat efektif untuk pembelajaran anak.

"Anak-anak sangat antusisas sekali, karena itu kegiatan keluar ya. Biasanya kita ceritanya hanya dengan gambar, sekarang kita mendatangi tempatnya langsung. Mereka bisa secara nyata melihat, memegang, dan bisa merasakan di masjid itu seperti apa adabnya harus gimana. Jadi langsung praktik gitu," katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?