Advertorial Daerah

Sambangi Nglipoh, Siswa Belajar Membuat Kerajinan Gerabah

Siedoo, Dusun Nglipoh Desa Karanganyar Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Kewirausahaan ini mengolah tanah menjadi benda-benda yang bermanfaat. Istilahnya dijadikan menjadi kerajinan gerabah.

Adapun salah satu sekolah yang telah mengunjungi tempat tersebut SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Magelang. Di tempat kerajinan itu siswa diberikan penjelasan dan cara-cara pembuatan gerabah.

Kerajinan gerabah telah ada sejak dulu. Pembuatnya saat ini melanjutkan warisan nenek moyang mereka.  Adapun tanah yang digunakan yaitu tanah liat yang diambil dari berbagai daerah, seperti dari Yogyakarta, Bali, Sumatera, dan tempat lainnya.

Di Dusun Nglipoh juga dapat diambil tanahnya. Hanya saja tanah yang dapat diambil di kedalaman 1 meter kebawah. Kerajinan gerabag milik Pak Poyo misalnya, telah membuat 80 bagian gerabah, dari yang paling kecil hingga yang paling besar.

Macam-macamnya sangat banyak seperti asbak, vas bunga, gelas, tempat pensil, kendil, patung dan berbagai gerabah lain.

Di sana, para siswa dibekali dengan kreativitas pembuatan gerabah. Mereka membuat gerabah dari awal hingga akhir atau gerabah jadi. Dibagi atas dua kelompok. Kelompok satu membuat gerabah dan kelompok dua mewarnai gerabah menggunakan cat dan kuas, dilakukan secara bergantian. Dimana mereka menuangkan kreativitas masing-masing dan bangga atas karyanya sendiri. (*)

Ariesta Intan Fiona

Siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur

Apa Tanggapan Anda ?