Pentas Seni di SMKN 2 Kota Magelang. l foto : ist

Advertorial Daerah

Awal Oktober, SMKN 2 Kota Magelang Penuh Kemeriahan


MAGELANG - Memasuki bulan Oktober, kemeriahan mulai tampak di SMK Negeri (SMKN) 2 Kota Magelang, Jawa Tengah. Pasalnya di bulan ini, sekolah merayakan tiga kegiatan yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut, 1 - 3 Oktober. Yakni, perayaan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, Hari Batik Nasional dan jeda tengah semester satu yang diisi dengan class meeting.

Oktober telah dinobatkan menjadi Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal ini bermula dari pengakuan pemuda mengenai bahasa persatuan yang digunakan untuk bermasyarakat. Yakni, bahasa Indonesia yang tertuang dalam ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Karena itulah bulan Oktober digunakan sebagai bulan bahasa.

Selain itu, tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional sejak batik Indonesia ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Karena itu, dalam rangka memeriahkan bulan ini, SMK Negeri 2 Magelang mengadakan berbagai perlombaan yang turut mengasah kemampuan berbahasa setiap siswa. Lomba membaca geguritan adalah untuk menampilkan kemampuan berbahasa Jawa. Untuk lomba yang menguji kreativitas mengarang siswa yaitu lomba menulis dan membaca cerita pendek. Salah satu lomba yang unik adalah lomba Blooming Contest yaitu lomba membuat taman mini yang harus dipresentasikan dalam bahasa Inggris.

Sedangkan untuk jeda tengah semester satu dimeriahkan dengan berbagai macam lomba ketangkasan seperti gerobak kardus, futsal untuk laki-laki maupun perempuan dan lomba Outfit of The Day (OOTD).

Dan puncaknya terletak pada pentas seni yang dilaksanakan hari Rabu, yakni bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Sehingga semua siswa diwajibkan mengenakan kostum batik. Acara berlangsung dengan meriah dan berakhir sore hari. (*)

Tim Jurnalistik SMKN 2 Kota Magelang

Apa Tanggapan Anda ?