Poster Festival Film Pendek Berbahasa Daerah. (sumber: kemdikbud.go.id)

Kegiatan Nasional

Ada Tantangan Membuat Film Pendek Berbahasa Daerah, Hadiahnya Wow!


JAKARTA – Anda seorang siswa SMA/SMK atau mahasiswa? Ini ada kesempatan untuk memfestivalkan hasil karya berupa film pendek. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan mengadakan Festival Film Pendek Berbahasa Daerah. Total hadiah sebesar Rp 60 juta.

Festival ini dapat diikuti warga negara Indonesia yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu pelajar SMA/SMK dan mahasiswa/umum tanpa dipungut biaya.

Tema yang diangkat dalam Festival Film Pendek Berbahasa Daerah yaitu “Jaga Persatuan dalam Kebhinekaan” dengan empat subtema;

  1. Cerita Rakyat Berbahasa Daerah
  2. Ungkapan Bahasa dan Sastra Berbahasa Daerah
  3. Peribahasa Berbahasa Daerah
  4. Kosakata Dasar (swadesh) Bahasa Daerah

Peserta harus mengisi formulir pendaftaran dan petunjuk teknis festival film yang dapat diunduh di laman badanbahasa.kemdikbud.go.id.

Karya merupakan film fiksi atau dokumenter berdurasi 2 sampai 5 menit dan dilengkapi dengan takarir (subtitle).

Karya juga tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik di dalamnya. Batas akhir penerimaan karya film yaitu pada 30 September 2019.

Karya harus diunggah ke Youtube dengan pilihan “mengunggah video yang tidak dipublikasikan untuk umum (unleash)”, dan informasi tautan unggahan ditulis dalam formulir.

Pemenang akan diumumkan pada Oktober 2019. Selain mendapat uang tunai, pemenang juga akan mendapat sertifikat penghargaan dan akan diundang pada acara Bulan Bahasa. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman badanbahasa.kemdikbud.go.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?