Advertorial Daerah

Budaya Baik di Akatirta Harus Terus Dijaga

MAGELANG  - Budaya di Akademi Teknik Tirta Wiyata (Akatirta) Magelang, Jawa Tengah harus terus dijaga. Diantaranya tentang budaya disiplin waktu, budaya silaturahmi, budaya memuliakan tamu dan budaya menjaga kualitas.

“Pada kesempatan terakhir sebagai direktur, saya meminta maaf kepada wakil direktur, dosen, karyawan, mahasiswa atas kegalakan saya. Tapi itu adalah untuk kebaikan kita bersama,” kata Direktur Akatirta Magelang 2015- 2019, Awaludin Setya Aji, S.T., M.ENG., IPM.

Ia mengatakan itu saat Akatirta Magelang, Jawa Tengah mengadakan upacara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Direktur baru Akatirta, Senin (19/8/2019). Saat acara ini Akatirta mengundang Walikota Magelang, Bupati Magelang, Komandan Kodim 0705 Magelang, Kapolresta Magelang, pengurus Yayasan Pendidikan Tirta Dharma PAMSI, Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah VI Jawa Tengah, World Bank, USAID IUWASH PLUS dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota/Kabupaten Magelang.

Pada kegiatan tersebut dilakukan serah terima jabatan dari Awaludin Setya Aji, S.T., M.ENG., IPM (Direktur 2015- 2019) kepada Suparto Edy Sucahyo, SE., S.T., M.T sebagai Direktur baru Akatirta.

Aji mengaku, setelah tidak menjabat Direktur Akatirta, ia tidak pensiun begitu saja. Namun ia meninggalkan zona nyaman dengan membuka dunia baru dan berdiskusi dengan teman-teman di dunia baru.

“Saya akan sekolah lagi, di satu kota saya akan mengambil S3,” ujar Aji.

Pada kesempatan itu, empat pejabat dilantik menduduki jabatan Direksi masa bakti 2019 – 2023. Diantaranya, Suparto Edy Sucahyo, SE., S.T., M.T sebagai Direktur, R Gagak Eko Bhaskoro, S.T., M.Sc sebagai Wakil Direktur I Bidang Akademik, Drs. Santoso Widji Janto sebagai Wakil Direktur II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dan Reosa Andika Firmansyah, S.Si., M.Sc sebagai Plt Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan.

“Masa kepemimpinan selama empat tahun ini merupakan kelanjutan, perbaikan dan pembaharuan dari masa jabatan kami sebelumnya. Dan kami meneruskan cita – cita dari para pendahulu kami,” kata Aji.

Sementara itu, Suparto Edy Sucahyo, SE., S.T., M.T menyampaikan apresiasinya terhadap perkembangan Akatirta yang selama ini makin berkembang. Kerja sama dengan berbagai pihak dijalin hampir seluruh ujung wilayah Indonesia.

“Tentu ini membanggakan sekali bagaimana kiprah Akatirta yang telah dilaksanakan oleh Bapak Aji. Tentu kami akan melanjutkan apa yang telah dicapai oleh generasi Direksi Pak Aji. Mari kita bekerja dengan keras, ikhlas dan penuh kejujuran,” jelas Suparto Edy Sucahyo, SE., S.T., M.T, Direktur Akatirta 2019 – 2023.

Direksi yang baru ini mempunyai beberapa target kinerja. Antara lain pengembangan studi, mempertahankan dan meningkatkan akreditasi yang dicapai, meningkatkan hasil-hasil penelitian dari dosen lebih terstruktur, pemetaan alumni yang jelas, mengembangkan perpustakaan dan jurnal baik jurnal nasional atau internasional, mengembangkan kegiatan akademik dan kemahasiswaan.

Yang tidak kalah penting ia akan mengembangkan komunikasi kerja sama dengan stake holder dan lingkungan yang selama ini telah bekerja sama membantu Akatirta. Sehingga, Akatirta lebih dikenal, terutama di insan – insan air minum di seluruh Indonesia.

"Kami berharap kedepan dikenal lembaga-lembaga yang di luar insan- insan air minum yang ada di Indonesia, bahkan sampai di luar,” jelasnya. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?