Siswa atau santri putri Ihsanul Fikri sedang memotong daging hewan kurban. | foto : Siedoo

Advertorial Daerah

Ponpes Ihsanul Fikri Tebar Puluhan Hewan Kurban


MAGELANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ihsanul Fikri Pabelan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melaksanakan rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha, salah satunya kegiatan tebar kurban di beberapa daerah. Para siswa ditugasi langsung untuk ikut mendistribusikan daging kepada masyarakat.

“Kita ini atas nama Pondok Pesantren Ihsanul Fikri. Satu daerah ada 10 anak  SMP dan 10 anak SMA, untuk setiap daerah ada guru pedamping 2, satu dari SMP dan satu dari SMA,” kata Humas SMP Ihsanul Fikri Pabelan, Sholeh Abdurohman, S.Kom.

Distribusi hewan kurban terbagi menjadi dua wilayah, yaitu eksternal terdekat dan terjauh. Eksternal terjauh ialah memberikan distribusi hewan kurban kambing di lima daerah. Diantaranya Kecamatan Srumbung, Dukun, Ngablak, Grabag dan Sawangan.

“Di lima daerah itu ada sekitar 86 kambing yang kami tebarkan, dalam rangka memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang kami kirimkan ke lima daerah,” urainya.

Sedangkan eksternal terdekat di daerah Blabak sampai Blambangan, itu ada 21 ekor kambing dan 13 ekor kambing di daerah Pabelan. Peserta didik yang dikirimkan terdiri dari kelas IX SMP Ihsanul Fikri dan kelas X, XI SMA Ihsanul Fikri.

Sementara itu, di sekolah dan pondok pesantren Ihsanul Fikri juga dilakukan penyembelihan hewan kurban kambing sebanyak 48 ekor untuk dibagikan kepada sekitar 1.500 siswa. Untuk siswa putra ikut membantu dalam penyembelihan dan pemotongan daging besar. Sedangkan untuk siswa putri mendapat bagian pemotongan daging kecil dan penimbangan daging.

Sholeh menjelaskan, tujuan dari kegiatan itu untuk memberikan suatu pengalaman kepada siswa, bahwa hidup dengan masyarakat itu sangatlah penting. Belajar bersosialisasi, melatih komunikasi dengan masyarakat yang beraneka ragam latar belakang dan bagaimana upaya memperkenalkan diri.

“Salah satu program dari Pondok Pesantren Ihsanul Fikri adalah, bagian dari masyarakat,” tandasnya.

Selain dari Pondok Pesantren Ihsanul Fikri, hewan kurban juga datang dari wali murid atau santri. Total hewan kurban kambing sebanyak 96 ekor, sedangkan untuk hewan kurban sapi sebanyak 10 ekor. “Empat ekor sapi dari iuran sekolah dan 6 ekor sapi dari wali murid atau santri,” tuturnya.

Perayaan hari raya Idul Adha tahun ini memberikan berbagai pembelajaran kepada para siswa. Adapun rangkaian perayaan Idul Adha ditutup dengan kegiatan Festival Hadroh pada Senin malam (12/8/2019) di kompleks Pondok Pesantren Ihsanul Fikri. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?