Wujudkan buku impianmu dengan “MUKU”.

Advertorial Inovasi

Muku, Program Andalan e-Perpus dari SMK N 2 Magelang


MAGELANG - Memiliki budaya literasi yang tinggi merupakan salah satu ciri sekolah yang berintegritas. Sehingga, sebagai sekolah yang berintegritas, membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang sedang digiatkan di SMK Negeri 2 Magelang, Jawa Tengah. Cara ini dilakukan dengan ber-literasi selama lima menit sebelum pembelajaran dimulai.

Program ini diluncurkan sebagai bentuk harapan dari Kepala SMK Negeri 2 Magelang Drs. Supriyatno, M.Pd. yang ingin mencetak para siswanya menjadi lebih kreatif dalam menemukan bahan bacaan yang sesuai dengan keinginannya. Selain itu, ia juga berharap dengan membudayakan literasi, para siswa dapat lebih kreatif dalam menulis.

Karena memang, ada sebuah korelasi antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis. Siswa yang cakap dalam memahami isi buku yang dibaca, maka ia akan mudah menuangkan isi dari buku yang dibaca itu dalam bentuk tulisan. Dengan semakin rajin membaca, siswa akan mudah menuangkan idenya dengan mencontoh gaya penulisan dari para penulis yang mereka baca karyanya.

Untuk mendukung program gerakan literasi ini, sekolah dalam hal ini perpustakaan yang notabenenya merupakan jantung dari budaya literasi, menyediakan fasilitas yang memudahkan para siswa memilih buku yang diinginkan, sesuai dengan karakternya.

Perpustakaan digital adalah fasilitas yang sangat cocok untuk menunjang literasi di sekolah. Program dan fasilitas ini disediakan oleh perpustakaan SMK Negeri 2 Magelang, karena saat ini generasi muda lebih akrab dengan dunia gadget. Istilah perpustakaan digital modern dengan nama e- perpus.

Dari berbagai fasilitas yang terdapat di e- perpus, terdapat sebuah menu yang jarang ditemukan di perpustakaan digital lainnya. Menu apa itu “MUKU” (Menu Usulan Buku) yang berfungsi untuk mengusulkan buku yang diinginkan agar segera tersedia di perpustakaan sekolah sebagai bahan bacaan yang baru. MUKU merupakan program andalan e-perpus SMK N 2 Magelang.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk membuka program ini adalah sebagai berikut:

Membuka link wbsite SMK Negeri 2 Magelang

  1. Pilih menu e- perpus
  2. Klik tulisan “pengunjung”
  3. Tekan “usulan judul buku”
  4. Masukkan nomor perpustakaan yang kamu miliki
  5. Isikan data-data buku yang diinginkan (judul, penulis, tahun, dan penerbit)

Nah, untuk melihat apakah buku yang diusulkan sudah terpenuhi akan diberi konfirmasi oleh pihak perpustakaan. Mudah bukan? Yang lebih menyenangkan lagi, kamu tidak hanya bisa mengusulkan buku pelajaran saja, namun juga buku non- fiksi semacam novel. Tertarik untuk mencoba?. (*)

 

 

*Dwi Ririn Setiorini

Tim Jurnalistik SMK N 2 Kota Magelang, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?