Ilustrasi : Jam kosong di kelas

Opini

Ternyata Ini yang Dilakukan Mahasiswa, Ketika Kuliah Kosong

Siedoo.com – Kuliah kosong, dalam perkuliahan selama satu semester kemungkinan besar pasti ada. Kosongnya kuliah bisa disebabkan karena berbagai hal. Berbeda dengan jenjang SMA/SMK kebawah, bahwa hampir tidak ada kejadian kelas kosong/guru tidak hadir. Ketika kuliah kosong dan jika setelahnya ada perkuliahan kembali, beberapa mahasiswa memilih beraktivitas lain. Berikut aktivitas yang dilakukan ketika kuliah kosong:

1. Mencari Dosen/Komplain karena kuliah kosong

sumber: iCampusIndonesia

Kadang dosen ketika tidak mengajar/kuliah kosong, ada yang memberitahu sebelumnya, tapi ada juga yang tidak. Nah, ini mahasiswa idealnya ya pasti mencari dosen ada perkuliahan atau tidak, sambil komplain kenapa kok kuliah kosong. Karena merasa sudah dengan susah payah berangkat ke kampus dan sudah membayar.

Begitu sampai kampus kuliah kosong, kan kecewa juga. Jika anda mahasiswa yang seperti ini, perlu latihan sabar dan jangan patah semangat. Sebenarnya jika ada mahasiswa yang seperti ini, dosen pun jika akan mengosongkan kuliahnya juga akan berpikir dua kali.

2. Belajar Mandiri karena kuliah kosong

Sumber: Zenius Education

Belajar mandiri merupakan salah satu aktivitas yang dapat digunakan untuk memanfaatkan waktu kuliah kosong. Mahasiswa yang seperti ini merupakan mahasiswa yang sabar dan bertanggung jawab atas studinya. Tidak mau waktu terbuang percuma.

Sekarang ini banyak cara untuk belajar mandiri, dapat ke perpustakaan atau belajar lewat media online. Mungkin kosongnya kuliah ini, waktunya mulai berinteraksi di perpustakaan. Karena disana, selain ada teks book juga biasanya ada komputer yang terkoneksi dengan internet. Belajar mandiri ini perlu dilakukan, karena jika hanya mengandalkan informasi dari dosen, maka menurut salah satu pakar pendidikan, kita hanya menyerap 80% ilmu dari dosen.

Nah jika kita tidak menambah ilmu sendiri, maka ilmu yang diterima orang ketika kita mentrasferkan ilmu hanya 60%, begitu seterusnya. Sehingga ayo tambah 20% ilmu kita dengan belajar mandiri.

(Baca juga: 9 alasan kenapa ambil kuliah informatika.)

3. Ke Kantin

sumber: pelajar sumbar

Kadang ada mahasiswa yang bahagia kalau kuliah kosong pas dijadwalkan pagi hari. Mereka ada yang belum sempat sarapan, sehingga mengetahui kuliah kosong, mereka langsung ke kantin. Selain itu kantin juga tempat yang nyaman dan enak dipakai untuk ngobrol dan cerita-cerita.

Selain itu, pastinya namanya kantin banyak makanan dan minuman sehingga kumpul-kupul dengan teman tidak jenuh. Memang ada mahasiswa yang kadang bolos kuliah dan ketika dicari ada di kantin.

Jika pas ada acara reuni, pasti banyak cerita-cerita yang dijadikan tema waktu masih pada kuliah dahulu. Apakah kalian juga sudah mempunyai kejadian tak terlupakan di kantin?

4. Mengerjakan Tugas/Belajar Kelompok ketika kuliah kosong

sumber: triviaid

Nah, ini aktivitas yang paling banyak dilakukan mahasiswa ketika kuliah kosong, mengerjakan tugas/belajar kelompok. Memang banyak mahasiswa yang menghabiskan waktunya ketika jam kosong untuk mengerjakan tugas. Tetapi kebanyakan mereka mengerjakan tugasnya adalah dengan menyalin kerjaan teman yang sudah sebelumnya mengerjakan.

Tidak berburuk sangka, tetapi karena mungkin kesibukan dimalam hari sehingga baru sempat mengerjakan tugas paginya. Selain mengerjakan tugas, ada juga yang ke perpustakaan untuk belajar/diskusi tugasnya, karena kadang ada tugas secara kelompok. Jika ada yang mengerjakan tugas secara kelompok, usahakan ikut nimbrung walaupun gak paham, agar terlihat kontribusinya. Karena yang namanya manusia, kadang juga tidak boleh ikut bergabung kelompok. Tetapi jika tidak ikut kontribusi (minimal belikan snack) pasti tugas berikutnya gak akan diajak.

(baca juga: Mobile Technology diantara keharusan atau kebutuhan.)

5. Pulang/Tidur

Sumber: DP bbm aneh

Bagi mahasiswa yang kos/rumahnya dekat, jika ada jam kosong pasti langsung pulang. Karena kadang di rumah/di kos ada kegiatan yang dapat dilakukan. Selain itu ada juga yang memakan jam kosong untuk tidur. Aktivitas yang nyaman, ya tidur karena bingung mau kerjakan apa.

Adapun bagi mahasiswa yang ada kerja part time dimalam hari, maka tidur merupakan anugerah yang tak ternilai. Karena dimalam hari, mereka harus bekerja. Jadi jangan berburuk sangka jika ada teman yang kerjaannya tidur, karena bisa juga dia memanfaatkan waktu untuk istirahat. Walaupun kebanyakan tidur karena males-malesan sih juga ada.

6. Ikut Teman/Ke Rumah Teman

Sumber: IDN Times

Ada mahasiswa yang idealis dan tidak suka diatur aktivitasnya, sehingga ketika kuliah kosong mereka langsung beraktivitas lain. Tetapi ada juga mahasiswa yang ikut-ikutan, maksudnya tidak tau apa yang harus dikerjakan. Mereka merasa asyik jika ada teman.

Teman disini dapat diartikan teman biasa dan ada juga teman dekat. Sehingga teman mau kemana, dia pasti ikut, dari pada sendiri di kampus dan gak jelas mau ngapain. Hal ini terjadi terutama mahasiswa angkatan atas yang bingung mau skripsi dan mahasiswa jomblo. Kemanapun teman pergi pasti dia ikut.

(baca juga: jadikan HUT TNI sebagai kesempatan berkarir.)

7. Maen Game/HP karena kuliah kosong.

Sumber: tribunnews

Perkembangan gadget sekarang sangat cepat. Media sosial banyak menyedot perhatian kita. Daya tarik media sosial dan game sangat besar dengan semakin majunya teknologi internet.

Dengan jaringan 4G yang semakin cepat, membuat nyaman dan asyik untuk menghabiskan waktu ketika kuliah kosong. Berbagai jenis konten baik positif dan negatif ada disana. Tetapi kita tidak dapat menyalahkan gadget, karena gadget itu hanya alat seperti pisau.

Pisau dapat digunakan untuk membantu aktivitas, tapi dapat juga menjadi berbahaya karena panggunaannya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, gadget selalu menemani. Sehingga tidak heran ketika jam kosong langsung gadget yang dipegang.

Memang, ketika kuliah kosong yang dilakukan mahasiswa berbeda-beda. Ada yang menggunakan untuk hal positif ada yang untuk hal negatif. Tetapi negatif dan positif tergantung mahasiswanya sendiri-sendiri. Sebagai dosen sangat perlu menyikapi hal demikian, karena saat kuliah kosong, lihatlah apa yang dilakukan mahasiswa.

Jangan sampai karena keseringan jam kosong, mahasiswa kemudian membalasnya. Ketika dosen ada, justru secara kompak mahasiswa yang giliran mengosongkan ruang kelas. Semoga saja tidak demikian.

Apa Tanggapan Anda ?