Daerah

UINSA Surabaya Tawarkan Beasiswa Penuh S2 untuk Guru Madin

SURABAYA – Tidak dipungkiri, guru adalah ujung tombak pendidikan terutama dalam proses pembelajaran di sekolah. Sehingga, kompetensi guru perlu terus ditingkatkan agar kualitas pendidikan menjadi semakin baik. Salah satunya guru menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Banyak guru S1 madrasah diniyah (Madin) menggadang bisa melanjutkan S2 untuk meningkatkan kompetensi mereka. Mereka berharap ada perguruan tinggi membuka beasiswa. Karena selama ini beasiswa kuliah kebanyakan hanya untuk ke jenjang S1.

Menjawab hal itu, dilansir uinsby.ac.id, pascasarjana UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, membuka kesempatan bagi guru-guru madin. Melalui program S2 beasiswa madin, untuk mengikuti pendidikan Magister (S2) Pendidikan Agama Islam (MPAI).

Dilansir Indbeasiswa.com, cakupan beasiswa ini adalah:

  1. Penerima beasiswa akan diberikan dana pendidikan yang digunakan untuk biaya SPP, buku dan wisuda selama maksimal 4 semester.
  2. Penerima beasiswa wajib menyelesaikan program S-2 (magister) PAI ini dan siap mengembalikan semua biaya program pendidikan S2 apabila tidak dapat menyelesaikan program tersebut.

Adapun Syarat-Syarat yang harus dipenuhi:

  1. Usia maksimal 45 tahun pada saat pendaftaran.
  2. Penduduk Jawa Timur dibuktikan dengan foto kopi KTP 3 lembar.
  3. Memiliki SK yayasan sebagai guru madin/pesantren serta telah mengabdi minimal 3 tahun sebagai guru di lembaga tersebut.
  4. Lulus ujian penerimaan mahasiswa baru meliputi materi:
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Arab
  • Tes potensi akademik
  • Tes membaca kitab kuning (fathul mu’ín) diselenggarakan oleh LPPD (Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah) Jawa Timur

Sementara dilansir kompas.com, para calon peserta beasiswa ini harus menyiapkan kelengkapan dokumen, berupa:

  1. Foto kopi ijazah dan traskrip S1.
  2. Surat rekomendasi dari dosen yang pernah mengajar atau menjadi pembimbing.
  3. Pas foto berwarna ukuran 2x3 sebanyak 3 lembar dan 3x4 sebanyak 4 lembar.
  4. Menandatangani surat pernyataan kesanggupan mengembalikan semua biaya program pendidikan S2 apabila tidak dapat menyelesaikan program tersebut.

Calon mahasiswa S2 ini diminta juga memperhatikan Jadwal Seleksi, agar dapat mengikuti program ini dengan lancar. Jadwal selesksi sebagai berikut:

  1. Pendaftaran: 02 Mei - 10 Juli 2019
  2. Verifikasi Berkas: 10 Juli 2019
  3. Ujian Tulis Internal: 11 Juli 2019
  4. Ujian Kitab Kuning: 27-28 Juli 2019

Adapun pengumuman kelulusan ujian masuk, tautan pendaftaran, draf surat rekomendasi dan informasi lengkap beasiswa ini dapat diakase melalui laman resmi UINSA: http://pasca.uinsby.ac.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?