Internasional

Raih Penghargaan MSU, Guru Besar UNY Prof Suyanto Terkejut

Siedoo, Prof. Suyanto, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terpilih mendapatkan penghargaan Distinguished International Alumni Award dari Michigan State University (MSU), Amerika Serikat. Prosesi penganugerahan digelar 9 April 2019 di Huntington Club, Spartan Stadium.

Penghargaan ini diadakan International Studies and Programs untuk mengenalkan individu yang memecahkan masalah terbesar dunia dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik, menginternasionalkan pengalaman siswa, serta memajukan pengetahuan dan mengubah kehidupan di seluruh dunia.

Prof. Suyanto mengaku terkejut atas penghargaan tersebut. Baginya penghargaan itu bukan semata untuk diri pribadinya. Tetapi, juga untuk branding UNY di kancah internasional.

“Secara pribadi saya sangat bersyukur kepada Allah atas anugerah ini,” akunya.

Pria kelahiran Magetan 2 Maret 1953 tersebut menyelesaikan S3 di MSU tahun 1986 dan S2 di Boston tahun 1981. Suyanto juga pernah menjabat sebagai Rektor UNY periode 1999-2003 dan 2003-2007. Pada 2005, sebelum masa jabatan periode kedua sebagai Rektor berakhir, Suyanto ditunjuk menjadi Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.

Suyanto juga telah menghasilkan banyak publikasi internasional serta menjadi penulis beberapa buku dan artikel. Saat ini Suyanto menjadi Ketua Majelis Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta dan Ketua Ikatan Keluarga Alumni UNY.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, ikut bangga atas prestasi dan penghargaan yang diraih Prof. Suyanto. Penghargaan ini berkontribusi pada tujuan UNY menuju world class university.

“Salah satu indikator untuk menuju WCU adalah kualitas dosen. Harapannya capaian ini dapat memicu dan memacu para dosen UNY untuk raih prestasi,” katanya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?