KEMAH. Tim Regu Putri SMPIT Ihsanul Fikri pada Kemah Ukhuwah Wilayah ke IX, Semarang. (foto: smpitihsanulfikrimungkid)
Siedoo.com - KEMAH. Tim Regu Putri SMPIT Ihsanul Fikri pada Kemah Ukhuwah Wilayah ke IX, Semarang. (foto: smpitihsanulfikrimungkid)
Daerah

SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Magelang Turut Kemah Ukhuwah Wilayah IX

MAGELANG, siedoo.com – SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang turut berpartisipasi dalam Kemah Ukhuwah Wilayah (Kemwil) ke-IX yang diadakan di Bumi Perkemahan Spekta Merbabu, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang pada Senin  – Kamis, 14 – 17 Oktober 2024.

Kegiatan ini merupakan ajang pertemuan Pramuka penggalang dari tingkat SD dan SMP se-Jawa Tengah. Tujuannya untuk mempererat persaudaraan antar sesama pramuka di wilayah tersebut.

Ketua Regu Putri dari SMPIT Ihsanul Fikri, Jihan Fatima menjelaskan, pada hari pertama, Senin (14/10/2024), peserta mengikuti berbagai kompetisi dalam giat prestasi.

“Kami mengikuti berbagai lomba seperti Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), semaphore, morse, panahan, hasta karya, dan lomba vlog video,” ujar Jihan.

Kompetisi-kompetisi ini mampu menumbuhkan semangat kompetitif dan memperkuat ikatan kebersamaan antar peserta.

Pada hari kedua, Selasa (15/10/2024), kegiatan puncak digelar dengan upacara pembukaan resmi di lapangan sepak bola Dusun Pulihan, Desa Tajuk, di kaki Gunung Merbabu.

Upacara pembukaan ini diwarnai penampilan drama kolosal yang menggambarkan pertempuran bersejarah di Ambarawa sehingga memberikan nilai sejarah dan semangat patriotik bagi seluruh peserta.

Selain kompetisi, peserta juga mendapatkan pembekalan melalui pendidikan dan pelatihan kepramukaan. Materi ini ditujukan untuk memperkokoh semangat persahabatan di antara para generasi muda.

Untuk semakin memotivasi peserta, panitia juga mengundang grup nasyid terkenal, Azzam Haroki, yang datang langsung dari Semarang untuk menghibur peserta. SMPIT Ihsanul Fikri juga turut serta menampilkan kreasi Tari Saman yang penuh inspirasi dan semangat.

Asma Izzah Azkiya, pembina pramuka dari SMPIT Ihsanul Fikri, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat berkesan dan memiliki banyak nilai Islami yang dapat diambil.

“Banyak pengalaman dan pengetahuan yang kami dapatkan. Nilai-nilai Islam juga banyak diangkat dalam kegiatan ini,” ujar Izzah.

Baca Juga :  Bentuk Uji Capaian Siswa, SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid Gelar Khotmil Qur'an dan Imtihan

Selama dua hari berturut-turut, para peserta dibangunkan pada jam dua dini hari untuk membuat pionering dan melakukan pendakian di Gunung Merbabu sebagai persiapan kegiatan puncak

Persiapan untuk kegiatan ini telah dilakukan secara matang. Para siswa SMPIT Ihsanul Fikri berlatih berbagai lomba seperti PBB, teknologi tepat guna, tahfidz, cerdas cermat, dan panahan.

Usaha mereka membuahkan hasil dengan berhasil meraih juara pertama dalam lomba panahan putra.

Salah satu sesi yang menonjol adalah ketika peserta dari berbagai sekolah digabung secara acak dalam satu kelompok. Sesi ini memperluas pertemanan dan mempererat kebersamaan di antara mereka.

“Ini cukup berkesan karena kami bisa menambah persaudaraan dan mempererat kebersamaan,” ungkap salah satu peserta.

SMPIT Ihsanul Fikri mengirimkan dua tim, putra dan putri, yang masing-masing terdiri dari 10 siswa kelas VIII dan IX.

Menurut Izzah, tantangan utama dalam persiapan kegiatan ini adalah membangun kekompakan tim dan mengatur waktu latihan, terutama bagi siswa kelas IX yang sedang sibuk dengan kegiatan lainnya.

“Kami harus menegaskan prioritas latihan terlebih dahulu,” ujarnya.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini, para siswa merasa lebih percaya diri karena bertemu dengan teman baru dan menghadapi suasana yang berbeda.

Sekolah berharap agar siswa dapat menerapkan nilai-nilai yang telah dipelajari selama perkemahan ini dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga mereka bisa mewarnai teman-teman lainnya tanpa harus diwarnai terlebih dahulu atau terpengaruh oleh lingkungan luar,” harap Izzah, menyimpulkan. (ika/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?