PPDB. SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2025-2026. (sumber: smpit)
Siedoo.com - PPDB. SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2025-2026. (sumber: smpit)
Daerah

SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Buka PPDB, Cetak Generasi Unggul

MAGELANG, siedoo.com – SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2025-2026.

Pendaftaran dibuka mulai 17 Agustus 2024 hingga 25 September 2024 untuk jalur prestasi. Sementara jalur umum akan berlangsung hingga 20 Oktober 2024.

Dengan sistem boarding school, sekolah tersebut menawarkan pendidikan yang cukup kompleks. Yakni, mencakup pengembangan kognitif, psikomotorik, dan spiritual.

“Ini adalah proses untuk keberlanjutan pendidikan anak dari kelas 6 SD ke jenjang SMP. Kami menawarkan solusi untuk masa depan anak yang lebih baik. Tidak hanya fokus pada pengembangan otak tetapi juga aspek lain, termasuk kognitif dan psikomotorik,” kata Ketua PPDB, Ustadz Ahmad Muttaqin, S.T.P, Selasa 27 Agustus 2024.

SMP IT Ihsanul Fikri menyiapkan siswa menjadi generasi yang cerdas secara spiritual, emosional, dan intelektual dengan visinya yang berkarakter Islami, berwawasan kebangsaan dan global, unggul serta terampil dalam Al-Qur’an, sains, dan bahasa.

Proses pendaftaran melibatkan beberapa tahapan seperti pengumpulan berkas foto, nilai rapor, dan sertifikat kejuaraan bagi pendaftar jalur prestasi.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui https://ppdb.smpit-ihsanulfikrimungkid.com/ ataupun secara langsung datang ke sekolah.

Pengumuman untuk jalur prestasi akan dilakukan pada 27 September 2024. Sementara jalur umum akan menghadapi tes seleksi pada 27 Oktober 2024. Tes seleksi ini meliputi tes baca Al-Qur’an, tes akademik, psikologi, wawancara, serta peminatan.

Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas dan potensi masing-masing calon siswa.

“Kita bisa melihat mana anak yang dipaksa orang tua atau yang memiliki potensi di jurusan A namun salah jurusan, sehingga sekolah bisa mengarahkan hal tersebut,” ujarnya.

Kurikulum yang diterapkan di SMP IT Ihsanul Fikri mengacu pada Kurikulum Nasional dengan kekhasan di setiap kelas peminatan yang ditawarkan. Yaitu, Kelas Tahfidz, Kelas Bahasa, dan Kelas Saintek.

Baca Juga :  Dalam MIA 2023, Pelajar hingga Masyarakat Umum Menerima Penghargaan

Kelas Tahfidzul Qur’an untuk mencetak para penghafal Al-Qur’an yang berkarakter Islami dan berprestasi. Program pendukung seperti tahfizh ziyadah dan murojaah, Dauroh Al-Qur’an, serta Munaqosyah Tartil dan Tahfidz, turut memperkuat kemampuan siswa dalam menghafal dan memahami Al-Qur’an.

Kelas ini juga menekankan pada pemahaman isi Al-Qur’an dengan metode tamyiz.

Kemudian kelas Bahasa bertujuan untuk mewujudkan lulusan yang berkarakter Islami dengan wawasan global, sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kelas ini menawarkan penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, mencakup kompetensi lisan dan tulis.

Program Cambridge English dan uji kompetensi Bahasa Arab syafahi juga diselenggarakan untuk mencapai kompetensi global yang dibutuhkan dalam persaingan dunia modern.

Sementara Kelas Saintek sebagai kelas yang mengembangkan potensi siswa dalam bidang sains dan teknologi.

Kegiatan pembelajaran di kelas didukung oleh mata pelajaran khusus seperti Elektronika Fisika dan Bioteknologi. Tujuannya untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi yang terus berkembang. (ika)

Apa Tanggapan Anda ?