LOMBA. Siswa SMPN 2 Kota Magelang sedang mengikuti perlombaan dalam memperingati HUT ke-79 RI. (foto: anisa)
Siedoo.com - LOMBA. Siswa SMPN 2 Kota Magelang sedang mengikuti perlombaan dalam memperingati HUT ke-79 RI. (foto: anisa)
Daerah

Rayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, SMPN 2 Kota Magelang Hadirkan Nayatara, Pupuk Kebersamaan Siswa

MAGELANG, siedoo.com – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 2 Kota Magelang mengadakan serangkaian kegiatan, Jumat 16 Agustus 2024.

Kegiatan yang digelar dalam tajuk Nayatara (Mengenal Budaya Nusantara) tersebut diantaranya adalah perlombaan, seperti lomba bakiak, pecah air, dan bola dalam kardus.

Salah satu pengurus OSIS SMPN 2 Kota Magelang, Lila menyatakan, melalui kegiatan tersebut siswa mampu turut serta dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan dengan cara yang menyenangkan sekaligus mempererat kekompakan di antara siswa.

“Kegiatan tersebut dimulai tepat pada pukul 10.00 pagi dengan diiringi nyanyian lagu Hari Kemerdekaan,” jelasnya.

Pemilihan lomba didasarkan pada beberapa faktor. Antara lain ketersediaan peralatan, antusiasme, dan minat siswa terhadap lomba-lomba serupa di tahun-tahun sebelumnya.

“Setiap kelas mengirimkan 5 anak untuk ikut dalam perlombaan, namun siswa lainnya juga diwajibkan untuk tetap berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan,” kata Lila.

Lomba bola dalam kardus, yang merupakan inovasi baru dalam perlombaan tahun ini, menjadi lomba yang paling menarik antusias para peserta.

Lomba ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dirancang untuk melatih kreativitas siswa dalam memecahkan tantangan.

“Penyusunan proposal rencana kegiatan dilakukan dalam satu bulan terakhir, namun pembagian poster, ketentuan lomba dan pendataan peserta dimulai satu minggu sebelum acara diselenggarakan,” katanya.

Pembina OSIS SMPN 2, Arif Adi Prasetya berharap dari kegiatan tersebut tidak hanya sebagai peringatan Hari Kemerdekaan, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat kebersamaan antar siswa.

“Sekolah itu merupakan ‘Taman Siswa’, bukan seperti penjara. Di sini, siswa tidak hanya belajar akademik, tetapi juga mengasah keterampilan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa sekolah dihias semenarik dan semeriah mungkin untuk menyambut ‘Nusantara Baru,’ dengan konsep learning by playing.

Baca Juga :  Kampus Rekrutmen Telkom, Tawarkan Berbagai Bidang Kerja

Sekolah berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kekompakan, semangat, dan kreativitas siswa.

Dalam opening ceremony, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan tari Gandhong dan tari Topeng yang dibawakan oleh siswa berbakat sebagai hiburan. (anisa)

Apa Tanggapan Anda ?