FIKES. Dosen D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Ns. Sumarno Adi Subrata, M.Kep., Ph.D. (foto: unimma)
Siedoo.com - FIKES. Dosen D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Ns. Sumarno Adi Subrata, M.Kep., Ph.D. (foto: unimma)
Daerah Tokoh

Dosen UNIMMA Sumarno Raih Penghargaan Internasional dalam Bidang Wound Care

MAGELANG, siedoo.com – Dosen D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Ns. Sumarno Adi Subrata, M.Kep., Ph.D memperoleh penghargaan dari JWC Award 2024 di United Kingdom (UK) dalam kategori capaian riset dan publikasi di Pressure Ulcer Care.

———

Event tahunan yang diselenggarakan oleh Journal of Wound Care tersebut termasuk salah satu jurnal internasional bereputasi dan terindeks Scopus Q2 dan khusus mempublikasikan penelitian di bidang keperawatan luka.

Adi mengatakan, dalam JWC Award, panitia akan melakukan seleksi terhadap para peneliti di bidang perawatan luka dan akan memberikan nominasi kepada peserta dengan capaian yang outstanding.

“Penilaian dengan mempertimbangkan beberapa hal yaitu novelti riset atau original thinking, dampak ke populasi di wound care dan bukti capaian riset yang berupa publikasi internasional di jurnal yang reputable,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, strategi yang ditempuhnya selama ini selain dengan melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil riset bidang perawatan luka di jurnal yang reputable dan terindeks Scopus, yaitu dengan mempromosikan hasil riset di beberapa academic social media seperti Linkedin dan ResearchGate.

“Hal lain yang juga penting adalah membangun networking dan komunikasi yang baik dengan peneliti di luar negeri, contohnya fast response dalam membalas email, melakukan kerjasama di bidang penelitian, sebagaimana yang pernah saya lakukan yaitu kolaborari riset dengan Wound Market Consulting dari UK,” tuturnya.

Adapun seluruh pemenang akan diundang dalam acara Journal of Wound Care Conference di Imperial War Museum, London pada Jumat, 23 Februari 2024 mendatang.

Adi berharap dengan prestasi tersebut dapat mengenalkan UNIMMA di level internasional, meningkatkan kualitas publikasi para dosen serta menambah academic networking dengan peneliti luar negeri. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?