Siedoo.com - Peningkatan Kebugaran Jasmani Anak Tunanetra dengan metode Fun Art berbasis Permainan Tradisional Nusantara.
Inovasi

Gagasan Baru Mahasiswa, Tingkatkan Kebugaran Siswa Tunanetra

Siedoo, Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggagas metode baru untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak tunanetra. Metode yang diciptakan adalah ‘Peningkatan Kebugaran Jasmani Anak Tunanetra dengan metode Fun Art berbasis Permainan Tradisional Nusantara’. Munculnya gagasan baru ini salah satu faktornya, mahasiswa merasa prihatin kurangnya kebugaran siswa di sekolah luar biasa karena keterbatasan penglihatan.

Mereka penggagas program ini adalah Andri Bangsawan prodi Ilmu Keolahragaan UNY, Destiyani prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Nur Afifah prodi Pendidikan Luar Biasa serta Yustia Pramesti dan Wulan Febrianingsih prodi Pendidikan IPA. Gagasan ini merupakan program pelatihan dengan metode berbasis permainan tradisional nusantara yang disesuaikan dengan karakteristik anak-anak tunanetra.

”Pelatihan berbasis permainan tradisional dipilih untuk membudayakan kearifan lokal Indonesia melalui permainan,” kata salah satu mahasiswa Destiyani.

Mahasiswa berpendapat bahwa, kondisi kebugaran jasmani anak-anak tunanetra di sekolah luar biasa, cenderung rendah dan seringkali dikeluhkan oleh guru maupun kepala sekolah. Upaya yang sudah dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kebugaran jasmani anak-anak tunanetra dengan cara memberikan olahraga pada jam pelajarannya.

Namun, olahraga yang dilakukan anak-anak tunanetra untuk meningkatkan kebugaran jasmani dirasa kurang efektif karena terdapat beberapa kendala.

Kendala tersebut yaitu keterbatasan alat, keterbatasan ruang, dan terbatasnya pengetahuan guru. Terbatasnya pengetahuan guru dalam mengajarkan kebugaran jasmani terjadi karena guru bukan dari bidang studi tersebut. Sehingga, kegiatan yang dilakukan kurang mengarah ke peningkatan kebugaran jasmani.

Selain itu, kegiatan kurang variatif dan cenderung membuat siswa cepat bosan. Oleh karena itu, Andri Bangsawan menjelaskan, awal munculnya ide itu karena rasa prihatin kepada siswa di sekolah luar biasa yang memiliki kebugaran jasmani yang kurang karena keterbatasan penglihatan.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Tawarkan Solusi Permasalahan Limbah Medis

“Karena saya dari jurusan ilmu keolahragaan, tercetuslah ide untuk melakukan terapi fisik terhadap siswa tunanetra tersebut,” kata Andri.

Ia lalu membentuk tim guna menyusun program latihan terapi untuk meningkatkan kebugaran jasmani, dengan menyesuaikan karakteristik anak tunanetra. Dimana dalam keterbatasan mereka tetap bisa melakukan dengan maksimal.

Nama programnya fun art, mengadaptasi bentuk permainan tradisional dengan bentuk program latihan terapi fisik olahraga yang dibuat khusus untuk anak tunanetra.

Memadukan Permainan Tradisional

Nur Afifah menjelaskan, permainan yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran siswa tunanetra itu diantaranya adalah Oray-orayan, Gebuk Banyu dan Terompa Panjang. “Oray-Orayan diadaptasi dari Jawa Barat dan Terompa Panjang dari Riau,” kata Nur Afifah.

Sedangkan Gebuk Banyu merupakan permainan yang lazim dilakukan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI yaitu memukul air yang digantungkan dalam plastik. Permainan tradisional Oray-orayan merupakan aktivitas ritmik berjalan dan berlari dengan durasi 20-30 menit. Pada permainan ini menstimulasi kerja paru dan jantung untuk bekerja lebih keras.

Aktivitas aerobik seperti ini memacu peningkatan daya tahan paru dan jantung sampai pada tingkat 70-80 persen denyut nadi maksimal. Sehingga, kapasitas kardiorespirasi anak-anak tunanetra akan mengalami peningkatan. Pada permainan Gebuk Banyu anak-anak akan melakukan berbagai macam aktivitas seperti berjalan, jongkok, berlari, melompat dan memukul.

Komponen kebugaran jasmani yang menjadi sasaran pada permainan tradisional ini adalah kekuatan otot ekstremitas atas dan daya tahan kardio respirasi. Sedangkan pada Terompa Panjang melatih kekuatan otot tungkai dan daya tahan kardio respirasi anak-anak. Karya ini juga berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat tahun 2020. (*)

Apa Tanggapan Anda ?