PELATIHAN. SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang melaksanakan program pelatihan bahasa Inggris untuk seluruh guru dan staf pada Senin, 19 Agustus 2024. (foto: ist)
Siedoo.com - PELATIHAN. SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang melaksanakan program pelatihan bahasa Inggris untuk seluruh guru dan staf pada Senin, 19 Agustus 2024. (foto: ist)
Daerah

SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang Gelar Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru dan Staf, Ini Tujuannya

MAGELANG, siedoo.com – SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang melaksanakan program pelatihan bahasa Inggris untuk seluruh guru dan staf pada Senin, 19 Agustus 2024. Jumlah pesertanya 55 orang.

Sebagai sekolah yang menerapkan sistem Bilingual School, staf Bidang Bahasa SMP IT IF Kota Magelang untuk pertama kalinya mengadakan program pelatihan tersebut.

Kegiatan berlangsung setelah proses belajar mengajar. Tepatnya saat jadwal rapat guru setiap minggunya mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mengajarkan penggunaan bahasa Inggris untuk siswa saja. Kegiatan ini merupakan program baru yang diusung oleh Divisi Bidang Bahasa. Tujuannya untuk meningkatkan lingkungan sekolah memiliki culture bahasa yang kuat.

Sebagai langkah awal, dilakukan placement test yang mencakup beberapa aspek keterampilan bahasa Inggris. Yaitu, reading, writing melalui pengerjaan soal, serta listening yang dilakukan secara bersama-sama.

Cakupan penilaian dari placement test tersebut meliputi reading, writing, speaking written berbentuk dialog yang kemudian akan dilengkapi setelahnya.

Anggota Bidang Bahasa SMP IT Ihsanul Fikri, Ayu Novitasi Damayanti, S.Pd menjelaskan bahwa hasil dari placement test tersebut akan digunakan untuk membagi peserta kedalam beberapa kelompok sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing.

“Setelah itu, setiap kelompok akan mendapatkan pembinaan lanjutan,” kata Ayu juga yang merupakan guru Bahasa Inggris.

Pelaksanaan placement test juga berfungsi sebagai evaluasi awal dari pelatihan bahasa Inggris yang rencananya akan diadakan secara rutin setiap bulan.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat mengkombinasikan penggunaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga, interaksi dalam bahasa Inggris bisa menjadi kebiasaan yang berkelanjutan di lingkungan sekolah.

Lebih dari itu, pelatihan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para guru dan staf sekolah sesuai dengan keahlian masing-masing.

Baca Juga :  UNIMMA Gelar Program Service Excellence Training Program, Ini Tujuannya

Dengan keterampilan berbahasa yang lebih baik, para guru diharapkan mampu mendukung terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan kompetitif sesuai dengan standar yang ingin dicapai oleh SMP IT IF Kota Magelang.

Pelatihan ini merupakan salah satu langkah strategis sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, seiring dengan perkembangan kebutuhan global akan penguasaan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi internasional. (anisa)

Apa Tanggapan Anda ?