HUT. Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di SMPN 13 Kota Magelang, Sabtu 17 Agustus 2024. (foto: ika/siedoo)
Siedoo.com - HUT. Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di SMPN 13 Kota Magelang, Sabtu 17 Agustus 2024. (foto: ika/siedoo)
Daerah Pendidikan

Kemeriahan HUT RI di SMPN 13 Kota Magelang dan Sinergi Guru dalam Mewujudkan Nilai Kebangsaan

MAGELANG, siedoo.com – SMPN 13 Kota Magelang, Jawa Tengah merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus dengan mengadakan upacara bendera dan berbagai perlombaan antar kelas.

Acara diikuti seluruh siswa, mulai kelas 7, 8, dan 9. Mereka didukung penuh oleh guru yang turut terlibat dalam persiapan upacara, termasuk mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra).

Sebanyak 36 siswa yang terdiri dari perwakilan kelas 7, 8, dan 9 terpilih melalui proses perekrutan untuk menjadi anggota Paskibra.

Salah satu guru, Eni Kustiyorini mengatakan, peringatan tersebut dimulai pada 16 Agustus dengan jalan santai dan berbagai perlombaan antar kelas, seperti estafet sarung, estafet karet, dan gobak sodor.

Lomba kebersihan kelas juga menjadi salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh para siswa. Setiap wali kelas menilai berdasarkan keindahan dan kebersihan. Sekolah memasukkan unsur Adiwiyata yang berarti berwawasan lingkungan dalam penilaian lomba ini.

“Kami berusaha menanamkan nilai gotong royong dari profil Pelajar Pancasila, terutama dalam lomba kebersihan kelas yang membutuhkan kerja sama dan berpikir kritis,” ujarnya.

Sementara itu, dalam penerapan Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 13 menekankan pada Voice, Choice, dan Ownership.

“Kami mendengarkan apa yang diinginkan siswa (Voice), kemudian wali kelas memberikan pilihan yang harus mereka lakukan (Choice), dan akhirnya siswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap kreasi mereka (Ownership),” tandasnya.

Sekolah juga menerapkan konsep Student Agency, yang menantang siswa untuk mengemukakan dan mewujudkan ide-ide kreatif mereka. (ika)

Apa Tanggapan Anda ?