Nasional

Sehari, Pelamar CPNS Tembus 1 Juta Orang, Pendaftaran Ditutup 10 Oktober

JAKARTA - Pelamar CPNS tahun 2018 bisa dibilang membludak. Sejak dibuka pendaftaran di sscn.bkn.go.id, Rabu 26 September 2018 pukul 00.01 WIB hingga pukul 12.24 WIB mencapai 555.024 pelamar yang melakukan registrasi. Bila selama 12 jam sudah mencapai angka tersebut yang mendaftar, maka hingga pukul 00.01 pada Kamis 27 September bisa diperkirakan mencapai 1 juta pelamar.

Adapun sampai Rabu (26/9)/2018) pukul 14.30 WIB sudah ada 245 instansi pemerintah yang masuk daftar, baik dari Kementerian, Lembaga, maupun Pemerintah Daerah (K/L/D)

“Sudah ada 200 Pemda dan 45 K/L yang bisa diakses melalui portal SSCN,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dalam siaran persnya.

Ridwan mengingatkan, masyarakat yang akan melamar formasi CPNS melalui portal SSCN, agar terlebih dahulu melakukan registrasi, dan mencermati setiap informasi syarat dan formasi jabatan yang diminta oleh K/L/D penerima. Setelah itu, baru membuat akun di portal SSCN.

“Jika instansi yang ingin dilamar belum muncul pada portal SSCN BKN, berarti instansi tersebut belum menerima pendaftaran atau formasinya belum selesai diverifikasi oleh BKN,” ungkap Ridwan.

Pendaftaran penerimaan CPNS secara online melalui portal SSCN ini, menurut Kepala Biro Humas BKN itu, akan dibuka hingga 10 Oktober 2018 mendatang. Untuk tes diperkirakan digelar pada minggu ke tiga bulan Oktober.

Adapun Informasi mengenai formasi dan syarat jabatan yang dibuka pada rekrutmen CPNS tahun 2018 ini, selain dapat dilihat di laman SSCN juga dapat di lihat pada website K/L/D yang membuka rekrutmen.

“Pelamar diimbau untuk tidak buru-buru melakukan pendaftaran karena data yang sudah diinput pelamar di portal SSCN tidak dapat diubah,” kata Ridwan mengingatkan.

Sulit Mengakses Bisa Datang ke Kantor Pusat BKN

Ia menjelaskan, guna membantu pelamar yang terkendala akses portal SSCN dan perihal informasi pendaftaran, BKN selaku Instansi Pelaksana Seleksi CPNS Nasional juga menyediakan Helpdesk SSCN 2018 di Gedung I Kantor Pusat BKN, Jalan Letjen Sutoyo nomor 12 Jakarta Timur.

Helpdesk ini dapat melayani pelamar pada jam kerja berikut: Senin – Kamis (pukul 08:30 – 15:00 WIB, istirahat pukul 12.00 WIB-13.00 WIB) dan Jumat (pukul 09:00 – 15:30 WIB, istirahat pukul 11.30 WIB-13.00 WIB).

Namun Ridwan mengingatkan, sebelum datang ke Helpdesk SSCN 2018, pelamar dipersilakan mengunjungi kanal Frequently Asked and Questions (FAQ) pada portal http://sscn.bkn.go.ig yang memuat pertanyaan yang paling sering ditanyakan publik beserta solusinya.

Waspadai Oknum yang Nakal

Ditegaskan Kepala Biro Humas BKN itu, bahwa proses seleksi CPNS tahun 2018 akan berjalan secara transparan, obyektif dan tanpa biaya.

“Jika oknum menawarkan jalur masuk secara instan dengan sejumlah uang, dipastikan itu penipuan dan hoak,” tegas Ridwan seraya meminta pelamar hanya mengikuti update terkini seputar rekrutmen CPNS 2018 melalui web resmi dan akun media sosial BKN dan instansi pembuka rekrutmen yang telah terverifikasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?