Daerah

Timba Ilmu di Kampung Wisata Purbakala Buton

BREBES - Menambah ilmu pengetahuan kepurbakalaan secara langsung, tentu dengan mendatangi situs-situs purbakala. Misalnya ke situs Sangiran, Jawa Tengah. Namun ternyata tidak hanya Sangiran yang perlu dikunjungi untuk menambah ilmu pengetahuan. Karena sekarang sudah ditetapkan Kampung Wisata Purbakala Situs Bumiayu.

Situs baru ini tepatnya di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Situs ini menawarkan pengalaman menarik terkait kepurbakalaan. Karena area situs ini merupakan meliputi wilayah Kecamatan Bumiayu dan Kecamatan Tonjong, maka disebut Bumiayu-Tonjong atau disingkat Buton.

Di situs ini pengunjung ditawarkan petualangan jejak telusur sungai purba. Di sungai purba inilah banyak ditemukan fosil binatang purba. Penetapan situs ini merupakan wujud dari kerjasama dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Brebes, masyarakat, pelestari fosil, dan para pemangku kebijakan di Brebes. Penetapan Galuhtimur sebagai Kampung Wisata Purbakala oleh Wakil Bupati Brebes Narjo pada Selasa (28/08/2018).

Di Situs Buton ini wisatawan dapat melihat langsung ribuan fragmen fosil hewan purbakala yang kini disimpan di Museum Mini Purbakala. Salah satunya fosil gajah purba paling tua, Sinomastodon Bumiayuensis. Selain itu juga terdapat artefak kapak perimbas dan tujuh batu inti (bahan pembuat artefak).

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rizal Rafli, temuan artefak ini menandakan adanya kehidupan manusia purba. Adanya artefak tentu ada yang membuat dan memakainya yakni manusia purba, meskipun sampai sekarang belum ditemukan fosilnya.

Situs Buton mengajak wisatawan yang gemar berpetualang untuk menelusuri jejak-jejak kehidupan masa lampau tersebut dengan cara masuk ke hutan, naik turun bukit, dan susur sungai melihat langsung lokasi-lokasi penemuan seperti kotak ekskavasi fosil purbakala. Kegiatan layaknya arkeolog tersebut dipadu dengan keramahtamahan warga serta kesenian yang berkembang di desa.

Kampung wisata purbakala ini memang berbeda dengan obyek wisata kebanyakan yang memamerkan keindahan alam. Di situs ini menawarkan pengalaman yang lebih, yakni petualangan dan wawasan tentang kepurbakalaan. Saat ini, Situs Buton sudah masuk menjadi paket wisata sejumlah biro wisata yang ada di Kabupaten Brebes.

Perlu diketahui, Situs Bumiayu dan temuan fosilnya sudah diakui lembaga resmi. Seperti Balai Arkeologi Yogyakarta dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran.

 

Siedoo/NSK

Apa Tanggapan Anda ?