Siswa-siswi SMKN 1 Wonosegoro Boyolali menunjukkan media cetak. foto: siedoo

Daerah

Gerakan Membaca Buku 15 Menit Dongkrak Minat Baca Siswa


BOYOLALI – SMK Negeri 1 Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah berkomitmen terus meningkatkan lulusan berdaya saing, memiliki wawasan luas dan cita-cita tinggi. Sebagai simbolnya, dalam HUT ke-11 sekolah tersebut, melepas burung merpati ke alam bebas. Dalam waktu berharga yang diikuti seluruh siswa tersebut juga diadakan pemotongan kue.

“Tema yang diangkat Bersama Membangun Bangsa Melalui Pendidikan yang Berkualitas,” kata Kepala SMK Negeri 1 Wonosegoro, Boyolali, Suyat.

Dijelaskan, untuk mendorong muridnya memiliki wawasan luas serta menumbuhkembangkan minat baca siswa, pihak sekolah mengkhususkan kepada muridnya untuk membaca buku apapun selama 15 menit pertama di awal masuk kelas.

“Buku disiapkan di setiap kelas dan setelah selesai disimpan di estalase kelas masing-masing,” akunya.

Dalam kegiatan literasi pihak sekolah juga bekerja sama dengan salah satu surat kabar di area Solo Raya. Bentuknya membaca koran bersama. Harapannya membiasakan murid untuk membaca berita terkini dan memiliki wawasan dan pengetahuan luas.

“Bukan hanya pengetahuan sekolah saja,” tambahnya lebih lanjut.

Menurutnya, dengan adanya berbagai macam alat-alat komunikasi dan elektonika seperti halnya gadget menurunkan minat baca buku pada murid di SMKN 1 Wonosegoro. Dengan gerakan 15 menit membaca tersebut dapat menguruangi menurunnya daya baca.

“Gerakan ayo membaca di acara HUT ini dapat meningkatkan minat baca buku pada siswa,” tandasnya.

Dari rentetan acara HUT tersebut juga ditampilkan pagelaran tari tradisional. Termasuk service gratis sepeda motor.

“Acara yang diselenggarakan ini meriah sekali dan bermanfaat, meski hanya diisi siswa dan guru. Desain secara sederhana tapi keren,” terang Defita Sari, salah satu siswi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?