Rektor UPGRIS Dr. Muhdi, S.H, M.Hum memberikan ucapan selamat usai menyematkan tanda kepesertaan kepada mahasiswa peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). (Foto:Net)

Daerah

Mahasiswa Baru UPGRIS Disiapkan Hadapi Era Disrupsi


SEMARANG Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Balairung UPGRIS, Semarang, Jawa Tengah.

Pengenalan mahasiswa gelombang pertama yang diikuti 900 mahasiswa ini mengangkat tema ”Menyiapkan Generasi Unggul di Era Disrupsi 4.0”.

Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi, SH, M.Hum, mengungkapkan mahasiswa harus disiapkan dari awal untuk menghadapi era disrupsi, dimana tantangan ke depan adalah makin masifnya digitalisasi melalui internet.

“Selain itu, mahasiswa juga kami ingatkan agar tidak tergelincir permasalahan dengan lebih hati-hati melangkah. Sebab, dalam 4 tahun mendatang akan semakin banyak tantangan,” ungkapnya usai membuka kegiatan.

Menurut dia, dalam menghadapi tantangan era disrupsi tersebut, salah satu yang menjadi bekal adalah soft skill serta kemampuan untuk beradaptasi. Ke depan, keterampilan dalam hal berkomunikasi akan sangat diperlukan, selain bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

Muhdi menambahkan, tantangan lain adalah soal ancaman kebhinekaan, intoleransi dan radikalisme.

“Oleh sebab itu, pendidikan di kampus harus diperkuat dengan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme,” tambahnya.

Sementara ketua panitia PKKMB Slamet Supriyadi berharap agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan mengikuti ekstra kurikuler yang sesuai bakat minatnya. Selama tujuh hari, para mahasiswa akan diajak mengenali segala hal terkait universitas secara lebih dekat.

“Mereka akan dikenalkan pada fasilitas, program, dari urusan akademik hingga pengembangaan kreativitas lainnya,” kata Slamet.

 

InfoUPGRIS/Siedoo/NSK

Apa Tanggapan Anda ?