Mahasiswa fakultas teknik menghijaukan Lereng Merapi. Napak tilas ini bertujuan mempererat hubungan antar mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa baru.

Daerah

Mahasiswa Teknik Napak Tilas di Merapi


YOGYAKARTA – Ratusan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang melakukan napak tilas peristiwa meletusnya gunung Merapi pada 2010 silam. Selama napak tilas, mahasiswa juga menkampanyekan pelestarian lingkungan dengan penanaman sekitar 500 bibit pohon di Bumi Perkemahan Senolewah Desa Cangkringan, Kecamatan Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta. Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan kemah bakti mahasiswa fakultas teknik UM Magelang.

Rangkaian acara pada hari pertama pembukaan oleh Dekan Fakultas Teknik UM Magelang Yun Arifatul Fatimah. Kemudian perkenalan anggotan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik periode 2016/2017 Kabinet Sinergi Menginspirasi. Pemberian materi keorganisasian oleh alumni fakultas teknik dan juga mantan gubernur BEM fakultas teknik periode 2013/2014 Resqa Yudha Prasetyo.

Selanjutnya rangkaian kegiatan pada hari ke dua tracking dari Bumi Perkemahan sampai banker Kaliadem. Dilanjutkan dengan penanaman 500 bibit pohon di sekitar Bumi Perkemahan dengan tujuan penghijauan Lereng Merapi. Untuk malam hari, diadakan juga pentas seni dan api unggun.

Pada hari ke tiga, mahasiswa melaksanakan outbound dan dilanjutkan dengan acara penutupan. Acara yang digelar akhir tahun ini mengambil tema “Hummanity, Ecuailty, Solidarity“. Adapun tujuannya meningkatkan rasa kemanusiaan, cinta kepada alam sekitar dan meningkatkan solidaritas antara mahasiswa dalam lingkungan fakultas teknik.

Gubernur BEM Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang Periode 2016/2017 Bagas Arif Prasetyo berharap, kegiatan kemah bakti mahasiswa ini mampu menambah keakraban antar mahasiswa. Khususnya, mahasiswa baru di fakultas teknik.

“Selain itu juga mampu mengajarkan rasa cinta kepada alam serta menambah rasa kebersamaan dan meningkatkan solidaritas mahasiswa fakultas teknik,” katanya.

Menurut dia, dengan tercipatnya suasana yang akrab dalam lingkungan kampus, akan berdampak baik terhadap ketertiban lingkungan kampus. Serta, mengurangi gesekan antar mahasiswa.

“Kegiatan ini untuk meminimalisir senioritas di fakultas teknik UM Magelang” katanya.

Salama acara berlangsung, terdapat hal-hal menarik yang menjadi bukti kuatnya ikatan solidaritas antar sesama mahasiswa teknik. Yaitu, penyelenggara acara kedatangan tamu dari alumni dan perwakilan Forum Eksekutif Mahasiswa Teknik (FEMAT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Apa Tanggapan Anda ?