Daerah

Centive Berikan Pengetahuan, Pemahaman, Tantangan dan Kesempatan

PURWOKERTO - Saat ini masyarakat sudah semakin pintar dalam menggunakan teknologi. Bisa dikatakan semakin smart dengan adanya perkembangan Information, Communication, and Technology (ICT). Masyarakat saat ini langsung menyampaikan keluhannya ke para pemimpin daerah secara langsung melalui media sosial.

"Kami akan langsung proses pengaduan tersebut sesuai dengan prosedur aturan yang berlaku. Kondisi ini menandakan bahwa masyarakat siap menyambut konsep Smart City dikemudian hari," kata Pj. Bupati Banyumas, Jawa Tengah Budhi Wibowo M.Si.

Ia menyampaikan itu saat, Conference on Electrical Engineering, Telematics, Industrial Technology, and Creative Media (Centive) yang diadakan Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Sebanyak 76 peserta dari berbagai latar belakang pendidikan dan daerah seperti Bandung, Tarakan (Kalimantan), serta Semarang mengikuti acara itu.

Acara Centive tersebut mengundang beberapa narasumber yang berpengalaman dalam dunia teknologi khususnya, yaitu Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D. dosen dari Universitas Gajah Mada dengan kompetensi smart city, serta Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M.Eng. dosen Telkom University dengan kompetensi Infrastruktur 5G.

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si menjelaskan acara, Centive ini merupakan kegiatan seminar dan call for papers yang diselenggarakan langsung Institut Teknologi Telkom Purwokerto dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai tantangan dan kesempatan yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi perkembangan teknologi ICT.

"Kami selaku lembaga pendidikan yang memfokuskan diri pada pengembangan teknologi ICT selalu berusaha untuk menjembatani masyarakat untuk mengenal teknologi ICT. Kami melihat bahwa masyarakat saat ini, sudah perlahan menjadi smart dalam memanfaatkan teknologi. Ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan teknologi informasi berbasis internet semakin cepat dan modern," jelas rektor.

Kedepan diprediksi orang dalam suatu wilayah (kota) diharapkan semakin smart. Seperti smart card, smart home, smart building, yang pada akhirnya berujung pada terbangunnnya smart city.

Sementara itu, Ketua Steering Committee Centive Dr. Anggun Fitria Isnawati., S.T M.Eng menyampaikan bahwa acara Centive juga menjadi wadah bagi para akademisi, praktisi, dan peneliti untuk melakukan proses publikasi (diseminasi) terkait hasil penelitiannya dalam beberapa bidang. Diantaranya,

1) Teknik Elektro,
2) Teknik Telekomunikasi,
3) Informatika,
4) Teknik Industri atau
5) Desain Komunikasi Visual.

"Dalam Centive ini ada salah satu paper terbaik dengan judul Perancangan Antena Waveguide 32 Slot untuk Radar Pengawas Pengintai yang ditulis Eva Yovita Dwi Utami dari Universitas Kristen Satya Wacana (USKW)," jelas dia. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?