Ilustrasi. foto: tribunjogja

Nasional

Ini Waktu Penerimaan CPNS Terbaru dan Dokumen yang Wajib Dipersiapkan


JAKARTA – Waktu penerimaan CPNS 2018 semakin mundur saja, mendekati tahun 2019 yang mana di dalamnya ada moment Pileg dan Pilpres. Pergantian menteri di tubuh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dari Asman Abnur ke Syafrudin, makin membuat penerimaan CPNS 2018 mundur.

Sebagaimana diketahui, pertama kali bergulir bahwa penerimaan CPNS akan dilangsungkan bulan Mei 2018. Seiring waktu berjalan, karena 27 Juni 2018 ada Pilkada Serentak di 117 daerah, maka jadwal diundurkan.

Kabar yang berhembus digelar akhir Juli hingga akhir Agustus. Tetapi, nampaknya tidak ada tanda-tanda. Informasi yang terbaru akan digelar bulan September tahun 2018 ini.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyatakan, dengan adanya pergantian menteri ini, kemungkinan penerimaan CPNS akan kembali mundur, yaitu pada September mendatang. Namun begitu, dia belum bisa memastikan tanggal pengumumannya.

“Kemungkinan (September), September baru selesai Asian Games. Pak Menterinya Chef de Mission, Pak Menteri harus paham dulu sebelum mengambil keputusan,” katanya sebagaimana ditulis liputan6.com.

Menurutnya, jika tidak terjadi pergantian menteri, kemungkinan, penerimaan CPNS dilaksanakan lebih cepat. Namun, kata dia, hal ini bukan masalah yang besar.

Hal tersebut diamini Syafruddin. untuk saat ini dirinya masih harus berkonsentrasi mengurus gelaran Asian Games 2018. Sebab, pada ajang pesta olahraga tersebut, dirinya bertindak sebagai Ketua Kontingen atau Chef de Mission.

“Saya sudah diizinkan untuk menyelesaikan tugas di Asian Games oleh Bapak Presiden. Jadi setelah ini saya konsentrasi dulu menyelesaikan tugas di Asian Games. Karena waktu tinggal dua hari,” kata

Dokumen Pelengkap Penerimaan CPNS

Tahun ini, kuota CPNS diperkirakan antara 200-250 ribu. Terbanyak adalah kuota penerimaan tenaga pendidik, jumlahnya diperkirakan sampai 100 ribu.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyampaikan, bentuk persyaratan untuk dapat mengikuti CPNS 2018 nanti akan disampaikan oleh masing-masing kementerian dan lembaga.

Dia menyarankan kepada para calon pelamar untuk memindai beberapa dokumen sedari dini, sebelum mendaftarkan diri menjadi bakal Aparatur Sipil Negara (ASN).

Yang perlu dipesiapkan :

1. Scan ijazah, dan atau transkrip nilai.

2. Foto

“Tapi nanti foto ini ada petunjuk sendiri, karena katakan harus dengan KTP, dan sebagainya. Nanti ada petunjuknya di portal SSCN,” ungkap dia.

3. Memindai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebagai antisipasi, juga dimbau agar dokumen lain seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran turut dipindai.

“Jadi intinya disiapkan saja semua dokumen yang dimiliki dalam bentuk digital, dalam artian di-scan, seperti Akta Kelahiran,” jelasnya.

4. Kelengkapan ijazah, kalau sudah S1 dari SD-SMP-SMA.

“Itu semua di-scan aja. Secara general, (kapasitasnya) harus di bawah 200 kb,” urainya.

5. TOEFL

“Tentang persyaratan lain, termasuk TOEFL, silakan saja di-scan. Persyaratan lainnya itu tergantung dari masing-masing instansi sesuai dengan formasi,” tambahnya.  (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?