Nasional

Menteri Asman Mundur, Bagaimana Nasib Penerimaan CPNS 2018

JAKARTA - Penerimaan CPNS di bawah kendali Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Meski begitu, mundurnya Asman Abnur dari kursi Menteri PANRB tidak akan mengganggu proses penerimaan tersebut.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, persiapan seleksi CPNS tahun ini tidak akan terganggu dengan hal tersebut.

"Sebagai biro humas, saya pastikan, persiapan pelaksanaan (CPNS) tidak terpengaruh. Buktinya, tim Panselnas hari ini tetap bekerja dan adakan rapat," ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan sebagaimana ditulis liputan6.com.

Asman Abnur merupakan kader PAN. Ia menjabat menteri, karena PAN dalam masa pemerintahan Jokowi-JK ikut koalisi di dalamnya. Tetapi kini PAN dalam Pilpres 2019 mendukung pasangan Calon Presiden – Wakil Presiden, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Terlebih kini pemerintahan Jokowi-JK akan melakukan perombakan kabinet.

Ridwan menyatakan tim Panselnas sejak beberapa hari lalu telah giat mempersiapkan proses penerimaan. Yakni, dengan melakukan penetration test dan loading test sebagai bentuk kesiapan server SSCN menerima beban lonjakan pendaftar CPNS 2018.

"Banyak hal yang harus dipersiapkan. Panselnas, termasuk kami (BKN) di dalamnya, masih terus bekerja untuk itu," ungkapnya.

Sebelumnya, saat Asman masih menjabat menteri menyatakan, bahwa penerimaan CPNS akan dibuka di bulan Agustus 2018 ini. Ia meminta kepada calon pelamar untuk bersabar.

Untuk pendaftaran CPNS sendiri dilakukan via online. Laman yang diakses adalah sscn.bkn.go.id. Website ini belum bisa diakses, sebab pendaftarannya belum dibuka.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar tidak ada salahnya jika latihan terlebih dahulu. Sebagaimana ditulis tribunstyle.com ada banyak aplikasi simulasi tes CPNS yang bisa didownload di Google Play Store.

Ada puluhan aplikasi menyediakan tes soal CPNS yang bisa digunakan calon peserta belajar.

Diantara aplikasi itu ada yang menyajikan soal tes CPNS tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini aplikasi pilihan soal tes CPNS sistem CAT (Computer Assisted Test) yang bisa dicoba. Diantaranya adalah Soal & Simulasi CAT CPNS 2018. Aplikasi Master CPNS ini mendapatkan review 4,5 bintang dari 68 user download.

Keunggulan Aplikasi Soal & Simulasi CAT CPNS 2018 aplikasi full offline, dapat dijalankan tanpa koneksi internet, aplikasi mudah digunakan, soal-soal paling update, paling banyak, dan lengkap.

Lalu ada juga aplikasi CAT CPNS TERBARU 2018. Aplikasi ini mendapat 4,5 bintang dari 683 pengunduh. Aplikasi CAT CPNS 2018 juga dilengkapi dengan review hasil test dimana Anda dapat mengkoreksi jawaban. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?