Asman Abnur. foto: berdemokrasi.com

Nasional

Penerimaan CPNS, Tinggal Menghitung Hari


JAKARTA – Pengumuman penerimaan CPNS 2018 sepertinya sudah di depan mata. Dipastikan tinggal menghitung hari di bulan Agustus 2018 ini. Masyarakat pun diminta tetap sabar untuk menunggu.

Insyaallah jadi (Agustus). Sabar-sabar,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dilansir dari liputan6.com.

Saat ini, masih merampungkan formasi CPNS 2018. Hal ini perlu dilakukan secara detail mulai dari profesi hingga lokasi penempatan.

‎”Kan tinggal detailnya. Misalnya guru, tenaga kesehatan penempatannya di mana, sampai sedetail itu,” kata dia.

Selain itu, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal ini berkaitan dengan kebutuhan anggaran untuk seleksi dan gaji, serta tunjangan saat mereka sudah resmi menjadi PNS.

“Itu koordinasi saya dengan Menteri Keuangan, ini lagi difinalkan di internal,” tandas dia.

Sebagaimana ditulis jpnn.com, pihaknya juga akan memperketat persyaratan, terutama untuk lowongan guru yang jadi prioritas dalam CPNS tahun ini.

Antara lain, guru akan diikat dengan perjanjian minimum 5 tahun mengajar di sekolah tempat penugasan dan tidak boleh pindah.

Selain itu, dia memastikan bahwa penerimaan CPNS tahun ini juga akan lebih teperinci. Lowongan untuk guru misalnya akan disebutkan nama sekolah dan jumlah kebutuhan guru di sekolah terebut.

IGI Dukung Kebijakan Asman

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim mendukung kebijakan Asman. Dia mengatakan, pemerintah memang tidak bisa berdiam diri sampai rekrutmen CPNS guru baru benar-benar dilaksanakan. Sebab di sejumlah sekolah negeri, pada kenyataannya memang kekurangan guru negeri.

Ramli mengusulkan supaya pemerintah daerah tegas menarik guru-guru PNS yang selama ini mengajar di sekolah swasta.

’’Di semua jenjang pendidikan, ada guru PNS yang mengajar di sekolah swasta,’’ katanya.

Persiapan di Papua

Di sisi lain, Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Mimika, Papua, menyatakan siap membantu calon peserta tes CPNS 2018 untuk melakukan pendaftaran secara online di kantor instansi tersebut.

Kepala BKDD Mimika Paskalis Kirwelakubun mengatakan, pihaknya akan membantu calon peserta tes CPNS 2018 yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pendaftaran sendiri melalui sistem online.

“Peserta boleh mendaftar sendiri atau boleh datang ke kantor BKDD dan dibantu untuk didaftarkan. Nanti staf kami bantu cara pendaftaran daring (online) sebab tidak semua mempunyai kemampuan untuk itu,” tutur Paskalis sebagaimana ditulis tempo.co

Paskalis juga menerangkan dokumen-dokumen terkait pendaftaran yang perlu disiapkan dengan baik, seperti kartu keluarga, ijazah, transkip nilai dan pas foto. Terutama KTP elektronik karena NIK calon peserta tes digunakan untuk login ke situs resmi pendaftaran CPNS 2018. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?