Mahasiswa Unnes menunjukkan produk body lotion. foto: unnes.ac.id

Inovasi Tokoh

Mahasiswa Unnes Sulap Ubi Jalar Jadi Produk Kecantikan


Siedoo, Melimpahnya kuantitas panen dan produktivitas ubi jalar di Indonesia masih kurang dimanfaatkan secara maksimal. Mengetahui di dalam ubi tersebut mengandung senyawa beta karoten dan antioksidan yang tinggi, kemudian ditangkap mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) Jawa Tengah untuk dijadikan body lotion.

“Dalam ubi jalar itu juga sangat baik untuk kesehatan, salah satunya senyawa beta karoten dan total antioksidan yang tinggi. Sehingga memiliki banyak manfaat untuk kulit,” kata salah satu mahasiswa Unnes Susmy Lianingsih yang mengembangkan pengelolaan dari ubi jalar.

Susmy yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) tidak sendiri dalam mengembangkan hasil bumi tersebut. Susmy bersama empat mahasiswa lain, yakni Yulia Sandra Sari Jurusan Manajemen (FE), Wiranto Jurusan Ilmu Gizi (FIK), Hamidah Lismiana Jurusan Kesehatan Masyarakat (FIK), dan Anisa Dyah Utami Jurusan Pendidikan Biologi (FMIPA). Mereka berlima dibimbing dosen Ratieh Widhiastuti SPd MPd.

Dalam menciptakan peluang usaha tersebut, dengan bahan dasar ekstrak ubi jalar, mereka menelurkan merek dagang “Ayu Body Lotion”. Ini sebagai alternatif wirausaha melalui inovasi pengolahan ubi jalar di Indonesia.

Produk ini juga telah teruji oleh laboratorium Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan hasil pengujian nomor 298/UN.37.1.4.5/KM/2018.

Usaha ini disambut dengan baik oleh para mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Ide pengembangan dalam pengolahan ubi jalar ini diharapkan akan dapat meningkatkan daya jual ubi jalar, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Usaha ini dapat menjadi sebuah terobosan baru di bidang kosmetik, karena keunikan produk dan manfaatnya bagi kesehatan kulit,” kata Ratih, dosen pembimbing. (unnes.ac.id/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?