Proses seleksi Unissula. Prodi PBSI Unissula mengadakan seleksi PMB di Thailand.

Internasional

Prodi PBSI – FKIP Unissula Seleksi Mahasiswa Baru di Thailand


THAILAND – Daya tarik kampus Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah tidak hanya datang dari dalam negeri saja. Seperti tahun sebelumnya, Unissula kembali menerima mahasiswa baru dari Thailand. Dari 14 peserta yang berproses, hanya ada tiga mahasiswa yang berhasil lolos seleksi dan diterima. Mereka masuk di Prodi PBSI dan hanya satu mahasiswa yang diterima di Prodi PGSD.

Peserta yang mengikuti penerimaan mahasiswa baru (PMB) dari Thailand ini khusus untuk yang beragama Islam. PMB dilaksanakan atas kerja sama antara Alhidayah Foundation, Unissula, MEDAT (Muslim Education Development Association of Thailand), dan KBRI Indonesia serta Asosiasi Muslim di Thailand. Adapun yang ditugaskan untuk melakukan seleksi yaitu Alhidayah Foundation, UPT Kerja Sama Internasional Unissula, dan Yayasan MEDAT.

Mahasiswa yang lolos seleksi PMB tahun ini, akan mulai kuliah pada awal tahun ajaran baru 2018/2019. Agar dapat berkomunikasi dan dapat mengikuti perkuliahan dengan baik, sebelumnya mahasiswa luar negeri mengikuti program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) selama satu bulan. Yaitu, dari 1 Juli hingga 25 Agustus 2018 di Unissula.

“Walaupun hanya tiga yang lolos seleksi, tetapi yang penting berkualitas. Sehingga dapat berprestasi di Prodi PBSI,” ujar Kaprodi PBSI Unissula Evi Chamalah, M. Pd.

Berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan langsung di Thailand, dari 14 peserta hanya ada tiga mahasiswa yang berhasil lolos seleksi di PBSI FKIP Unissula Semarang.

Mereka akan belajar bahasa Indonesia dengan didampingi pengajar-pengajar BIPA di Unissula. Harapannya, mereka sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Tidak hanya belajar bahasa, mahasiswa baru juga belajar tentang budaya Indonesia. Selanjutnya, mereka akan mengikuti orientasi studi pada 27 Agustus hingga 7 September 2018.

Selama kuliah di Unissula, mahasiswa dari Thailand tersebut tinggal di asrama dan mendapat fasilitas untuk kehidupan sehari-hari. Mereka juga mendapatkan beasiswa dari program beasiswa Unissula untuk mahasiswa asing (International schorlarship programs). Tentunya, mahasiswa tersebut harus bisa beradaptasi dan dapat mengikuti aturan yang berlaku di Unissula, khususnya terkait Budaya Akademik Islami (Budai).

Dengan adanya mahasiswa dari Thailand, semoga dapat membawa dampak positif bagi Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Kedepannya Prodi PBSI akan melakukan inovasi baru, sehingga dapat terakreditasi A sesuai target yang ingin dicapai pada 2019 mendatang.

Apa Tanggapan Anda ?