Proses pembuatan brownies lezat penurun diabetes.

Inovasi

Penderita Penyakit Gula Boleh Makan Brownies, Begini Penelitiannya


Siedoo, Bagi penderita penyakit gula darah atau diabetes dilarang keras mengkonsumsi makanan sembarangan. Hal ini bisa mengakibatkan bertambahnya kadar gula dalam diri manusia.

Namun demikian, mahasiswa Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah berhasil menemukan makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes, namun rasanya enak. Temuan makanan itu adalah  Brownies Berbahan Daun Kersen Berkhasiat menurunkan Diabetes dengan nama “Bosen Bersama Dia”. Mereka yang menemukan itu Ovi Faelasofi Kusuma Dhea (Agroteknologi), Anggi Majid (Peternakan), Budi Santoso (Peternakan) dan Maulana Tri Andhani (Peternakan), mahasiswa dari Fakultas pertanian, Universitas Tidar.

Bahan makanan ini diantaranya yaitu daun kersen. Kandungan flafonoid pada daun kersen yaitu flafonols bermanfaat untuk menurunkan diabetes.

“Kali ini bukan dalam bentuk obat. Namun kami ingin para penderita diabetes bisa menikmati manfaat flafonoid dalam sebuah makanan yang lezat yaitu brownies,” kata Anggi Majid.

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan Anggi dan teman satu timnya, kandungan flofanoid dalam brownies yang diberi nama “Bosen Bersama Dia” ini bisa menurunkan diabetes 6-10 % saja.

“Kami akan terus melakukan uji coba agar manfaat fafonoid dalam brownies ini dapat berfungsi lebih maksimal,” jelasnya

Brownies yang identik dengan cita rasa yang manis dan lezat ini boleh dikonsumsi penderita diabetes.

Hal ini disebabkan karena kandungan flafonoid dalam daun kersen yang berfungsi untuk menurunkan diabetes mudah hilang jika melalui pemanasan. Ada pula tambahan berupa tepung terigu dan bubuk cokelat juga dapat menambah gula darah jika di konsumsi. Oleh karena itu usaha untuk menurunkan dibetes hanya beberapa persen saja.

Harga brownies masih cukup terjangkau yaitu Rp 60.000/kotak untuk ukuran kotak besar dan Rp 10.000/kotak untuk ukuran kotak kecil. Bosen Bersama Dia merupakan salah satu PKM dari 21 PKM dari Untidar yang lolos seleksi Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan didanai pada tahun 2018 dengan judul lengkap Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) PKM-K Bosen Bersama Dia.

Apa Tanggapan Anda ?