Dosen Bahasa Inggris ITTP terapkan pembelajaran atraktif ke mahasiswa.

Daerah

Pembelajaran Atraktif Berbahasa Inggris, Atasi Mahasiswa Kurang PD

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

PURWOKERTO – Banyak dari mahasiswa dan mahasiswi kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Banyumas, Jawa Tengah yang memiliki pengetahuan bahasa Inggris  dengan baik. Akan tetapi, tingkat kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum masih belum terlalu lancar. Mereka belum percaya pada kemampuan yang dimiliki.

Dengan alasan itu, dosen ITTP menerapkan sistem pembelajaran atraktif ke para mahasiswa. Mahasiswa S1 Teknik Informatika mengikuti pembelajaran atraktif dalam mata kuliah Bahasa Inggris di kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto Jln. DI Panjaitan No.128, Purwokerto.

“Pembelajaran atraktif ini bertujuan untuk mengasah kemampuan bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa, khususnya kemampuan berbahasa Inggris. Dunia kerja sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu aspek yang diutamakan. Banyak perusahaan yang memiliki standar komunikasi menggunakan bahasa Inggris,” kata Novanda Alim Setya Nugraha, S.S., M.Hum., salah satu Dosen Bahasa Inggris ITTP.

Pembelajaran atraktif berbahasa Inggris ini dilakukan di luar kelas (outdoor). Selain itu juga menggunakan English games, terdiri dari snake and ladders, black feet, scrabble, dan flying carpet chess.

“Selain mengasah kemampuan dalam berbahasa asing, pembelajaran Bahasa Inggris secara atraktif ini juga bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri yang dimiliki mahasiswa,” jelasnya.

Solusi untuk mengatasi mahasiswa kurang percaya diri berbahasa Inggris.

Kegiatan pembelajaran atraktif berbahasa Inggris ini dilakukan di depan orang banyak. Sehingga, dengan kondisi seperti ini bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa dan mahasiswi.

“Dengan pembelajaran atraktif berbahasa Inggris akan terus mendorong mahasiswa lebih percaya diri pada kemampuan berbahasa Inggris ketika berbicara di depan umum atau orang banyak,” katanya

Sementara itu, salah satu mahasiwa prodi S1 Teknik Informatika Alpha Rizki Pajariyanto menjelaskan, kegiatan ini sangat positif dan efektif  untuk belajar bahasa agar menjadi kebiasaan ketika nanti menghadapi dunia kerja. Menurut dia, banyak tempat kerja yang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan sesama pekerja.

“Apalagi dengan para atasan di tempat kerja,” ujarnya.

Oleh karena itu, kuliah dengan metode pembelajaran atraktif ini sangat berkesan sekali. Ia pun merasa senang berkuliah di kampus ITTP.

“Dosen – dosen disini selalu mendorong kami untuk menjadi yang terbaik dan selalu memberikan pengawasan lebih ketika mahasiswanya melakukan kesalahan,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?