Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-P) berjudul Analisis Ketertarikan Mahasiswa dalam Memulai Karir menjadi Marketing Profesional diusulkan oleh Aris Listianto, Dimas Tri Prasetya, serta Dila Ratnasari Catur Putri. Program ini merupakan salah satu proposal PKM UM Magelang yang berhasil lolos dan didanai Kemenristek Dikti tahun 2018.

Daerah

Penjurusan Marketing Mempengaruhi Pemilihan Karir


MAGELANG – Mahasiswa manajemen termotivasi oleh anggapan bahwa di masa mendatang, mereka mempunyai peluang lowongan kerja yang besar. Itu karena banyak dicari oleh organisasi maupun perusahaan, khususnya di Indonesia.

“Anggapan sejumlah sarjana manajemen bekerja sebagai marketing menjadi dikesampingkan. Padahal marketing merupakan ujung tombak perusahaan agar produk atau jasanya dapat terinformasikan oleh para konsumen,” kata Aris Listianto, salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah.

Ia mengungkapkan itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bersama dua rekannya, Dimas Tri Prasetya, serta Dila Ratnasari Catur Putri. Penelitian Analisis Ketertarikan Mahasiswa dalam Memulai Karir menjadi Marketing Profesional ini dilakukan untuk membuktikan keefektifan penjurusan pada Program Studi Manajemen, terhadap minat mahasiswa dalam pemilihan karir sebagai marketing profesional.

Dengan menggunakan populasi mahasiswa Prodi Manajemen FEB UM Magelang, sampel yang digunalan adalah dengan metode purposive sampling. Dengan kriteria mahasiswa manajemen semester 5 dan 7, serta sudah menempuh mata kuliah manajemen pemasaran.

Aris menjelaskan, penelitian ini, menggunakan metoda analisis data berupa uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji regresi linier berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian memberikan bukti empiris adanya pengaruh dari manajemen risiko, self-efficacy, motivasi, locus of control, lingkungan sosial dan budaya serta lingkungan teknologi.

“Disamping itu, penelitian ini juga memberikan bukti empiris dan ilmu baru mengenai adanya program penjurusan marketing yang akan berpengaruh terhadap minat pemilihan karir sebagai marketing profesional,” ungkap Aris.

Ia menjelaskan bahwa hasil penelitian tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Manajemen dalam efektivitas penjurusan marketing. Itu guna meningkatkan minat mahasiswa untuk memulai karir pada marketing.

Selain itu, penelitian juga dijadikan bahan evaluasi bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Magelang dalam efektivitas penjurusan marketing guna meningkatkan minat mahasiswa untuk memulai karir pada marketing. Adapun, penelitian ini merupakan karya Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) yang berhasil lolos dan didanai Dikti tahun 2018.

Apa Tanggapan Anda ?